DPRD Optimistis Produk UMKM Kendal Bisa Bersaing dengan Daerah Lain

Kamis, 28 Juli 2022 - 23:37 WIB
loading...
DPRD Optimistis Produk UMKM Kendal Bisa Bersaing dengan Daerah Lain
Komisi D saat mengunjungi stand UMKM di arena Pekan Raya Kendal yang ditutup malam ini, Kamis (28/7/2022).
A A A
KENDAL - Pekan Raya Kendal menjadi ajang bagi para pelaku UMKM mengenalkan produknya kepada khalayak luas. Acara yang digelar memperingati Hari Jadi Kabupeten Kendal ke-417 pada 2022 ini menjadi momentum untuk menggerakkan kembali sektor UMKM yang selama dua tahun terdampak pandemi Covid-19.

Sejak dibuka mulai 23 Juli 2022, stand-stand UMKM yang menampilkan produk dari seluruh kecamatan di Kabupaten Kendal, ramai didatangi pengunjung.

Ketua Komisi D DPRD Kendal, Mahfud Shodiq, mengatakan event Pekan Raya Kendal menjadi momentum bagi para pelaku UMKM untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat. Pihaknya juga mengimbau kepada warga Kendal untuk berpartisipasi dengan membeli produk-produk UMKM lokal.

“Pekan Raya Kendal ini sangat positif untuk mengangkat potensi UMKM yang tersebar di Kabupaten Kendal. Ternyata ada banyak sekali produk unggulan, yang mestinya bisa didorong dan difasilitasi untuk pemasaran dan pengembangan produknya,” ungkap Mahfud, saat mengunjungi stand-stand UMKM, bersama para anggota Komisi D, Rabu (27/7/2022) malam.

Lebih lanjut pihaknya menyampaikan, setelah event Pekan Raya Kendal pembinaan terhadap UMKM dapat terus dilakukan oleh Pemkab Kendal. Menurutnya, produk UMKM asal Kendal yang khas bisa bersaing dengan produk UMKM dari daerah lain.

“Jadi jangan hanya berhenti sampai di PRK saja, justru ini menjadi awal yang bagus. Para pelaku UMKM ini perlu terus didorong untuk megembangkan produknya, tidak hanya untuk pasar lokal, tapi juga untuk pasar luar daerah,” pungkasya.

Sebelumnya, sejumlah penggiat ekonomi kreatif yang tergabung dalam Komite Ekonomi Kreatif (Koekraf) Kendal melakukan aksi borong produk unggulan lokal Kendal. Mereka memberikan motivasi kepada pelaku UMKM untuk terus berkreasi dan berinovasi agar produknya memiliki nilai jual yang lebih.

“Kita melihat banyak potensi produk UMKM dari Kendal yang bagus dan menarik. Dan setiap kali ada kegiatan pameran banyak produk UMKM ditampilkan tetapi jarang yang melirik,” kata Sekretaris Koekraf Kendal, Iwan Kurniawan, saat mengunjungi stand UMKM di Pekan Raya Kendal.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, Pekan Raya Kendal sebagai rangkaian dari peringatan Hari Jadi Kendal ke-417 yang mengusung tema “Pulih Bersama, Bangkit Lebih Hebar”. Dia berharap Hari Jadi Kendal tahun ini menjadi momentum bagi masyarakat Kendal untuk bangkit dan pulih setelah pandemi Covid-19 bisa dikendalikan.

“Dengan menyelenggarakan Kendal expo bisa menunjukan daerah lain bisa melaksanakan kegiatan yang besar. Harapannya bisa menunjukan ke seluruh masyarakat kendal bahwa kita mampu dan pandemi bisa dikendalikan sehingga kini fokus pada pemulihan ekonomi,” ucapnya, saat memberikan sambutan pada rapat paripurna istimewa memperingati Hari Jadi Kendal, Rabu (27/7/2022).

Sebagai informasi, Pekan Raya Kendal yang digelar sejak tanggal 23 Juli 2022 akan berakhir pada malam ini, Kamis (28/7/2022). Produk yang ditampilkan di stand UMKM dari berbagai kecamatan di Kendal, diantaranya menampilkan aneka jajanan khas Kendal, kopi, dan kerajinan. CM
(srf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1135 seconds (10.55#12.26)