Jalur evakuasi erupsi Marapi disiapkan

Kamis, 27 Februari 2014 - 15:02 WIB
Jalur evakuasi erupsi Marapi disiapkan
Jalur evakuasi erupsi Marapi disiapkan
A A A
Sindonews.com - Sejumlah pemerintah daerah yang wilayahnya terkena dampak langsung erupsi Gunung Marapi mulai melakukan pendataan jalur-jalur evakuasi jika terjadi letusan yang lebih dahsyat.

Langkah ini dilakukan Pemkab Tanah Datar, Agam dan Padang Panjang karena daerahnya sangat dekat sekali dengan lereng Marapi.

Kepala Pelaksana BPBD Padang Budi Erwanto mengatakan, pemerintah daerah setempat di tiga kabupaten tersebut telah melakukan pendataan jalur-jalur evakuasi sejauh 5 kilometer dari puncak Marapi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya letusan yang lebih besar.

"Dampak erupsi Marapi sangat dirasakan warga di Kabupaten Tanah Datar walaupun secara geografi letak Kabupaten Agam yang paling dekat ke Marapi. Hal ini dikarenakan letusan Marapi mengarah ke Kabupaten Tanah Datar,"ungkap Budi kepada Sindonews, Kamis (27/2/2014).

Namun menurut Budi, Pemkab Padang Panjang juga telah mendata jalur evakuasi bagi para warganya, karena wilayahnya juga masuk dalam radius 5 kilometer dari puncak Marapi.

Baca juga :
Ahli Geologi: Eskalasi Gunung Marapi tinggi
Ini kondisi Gunung Marapi pasca erupsi
BNPB: Marapi hanya letusan kecil, tidak membahayakan!
3 kecamatan berpotensi terkena erupsi Marapi
Marapi erupsi, aktivitas warga normal
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6333 seconds (0.1#10.140)