KM Sinar Jaya-1 Terbakar di Laut Natuna Utara, 3 ABK Terluka

Senin, 25 Juli 2022 - 23:35 WIB
loading...
KM Sinar Jaya-1 Terbakar di Laut Natuna Utara, 3 ABK Terluka
Petugas mengevakuasi ABK yang terbakar saat KM Sinar Jaya-1 terbakar di laut Natuna Utara. Meski sekujur tubuhnya melepuh namun korban tetap bisa berjalan. Foto: Istimewa
A A A
NATUNA - Kapal Motor (KM) Sinar Jaya-1 terbakar hebat di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau ( Kepri ), tiga orang Anak Buah Kapal (ABK) terluka.

Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu sore (24/7/2022). Diduga akibat konsleting arus listrik mesin Sanyo yang berada di bagian kamar mesin saat pemindahan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar dari tangki cadangan ke tangki induk.

Baca juga: 2 Kapal Vietnam Ditangkap di Laut Natuna Utara, 16 ABK dan 10 Ton Ikan Diamankan

Kapolres Natuna, AKBP Iwan Ariyandhy melalui Kasat Pol Airud Natuna, AKP Sandy Pratama Putra mengatakan, dua Anak Buah Kapal (ABK) mengalami luka bakar ringan dan satu ABK mengalami luka bakar yang parah. Ketiga korban tersebut langsung dievakuasi menggunakan kapal KM Hasil menuju Faslabuh Selat Lampa.



"Kapal tersebut terbakar diduga akibat konsleting arus listrik. Ada tiga korban yang mengalami luka dan dievakuasi menuju Faslabuh Selat Lampa tadi sore," ujar AKP Sandy Pratama Putra, Senin (25/7/2022).

Dia melanjutkan, KM Sinar Jaya-1 dengan nomor selar GT.98 ND.3279/PPb ini sedang menangkap ikan di Laut Natuna Utara. Kapal yang dinahkodai oleh Hasan Basri Hutagalung tersebut berasal dari Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara.

Baca juga: Lanud Raden Sadjad Siapkan Bank Darah Hidup untuk Masyarakat Natuna

Saat kejadian, kapal naas tersebut langsung dibantu evakuasi oleh kapal ikan lain yang berdekatan. Setelah tiba di Faslabuh Selat Lampa, seluruh korban yang terluka langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Natuna guna mendapat perawatan lebih lanjut.

"Semua korban langsung dibawa ke RSUD untuk perawatan lebih lanjut," bebernya.

Polisi masih memeriksa para saksi terkait peristiwa ini. Selanjutnya, para ABK yang selamat dan kapal yang terbakar ditarik oleh kapal lain untuk dibawa ke daerah asalnya.

Identitas para korban kapal terbakar yang berada di titik koordinat 04'18.500'N.106'57.500'E ini yaitu Budi (42) mengalami luka bakar parah. Sementara Jefriadi (30) dan Riki (17) mengalami luka bakar ringan.
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1354 seconds (11.252#12.26)