60 KK di Lereng Bukit Bisa Merasakan MCK Umum yang Bersih dan Nyaman

Senin, 25 Juli 2022 - 20:19 WIB
loading...
60 KK di Lereng Bukit Bisa Merasakan MCK Umum yang Bersih dan Nyaman
Perwakilan warga di Kampung Sukapinggir, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mendapatkan bantuan untuk perbaikan MCK dari Kementrian Hukum dan HAM Kanwil Jawa Barat. Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Enam puluh kepala keluarga di Kampung Sukapinggir, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), bisa mendapatkan fasilitas MCK yang memadai. Sebelumnya mereka harus menggunakan MCK umum yang kondisinya tidak nyaman karena berada di lereng perbukitan dengan kemiringan hampir 45°.

"Di sini warga kalau mau bikin MCK sendiri dan septic tank takut terjadi longsor karena lahannya miring. Jadi adanya bantuan dari Kementrian Hukum dan HAM Kanwil Jawa Barat dan UPT Sebandung Raya, sangat membantu," kata Kepala Dusun I Desa Jayagiri, Lembang, Teguh Supriyanto, Senin (25/7/2022).

Baca juga: Polisi Sebut Ada 3 Terduga Pelaku Bullying Bocah SD Perkosa Kucing di Tasikmalaya

Menurutnya hampir semua warga di Kampung Sukapinggir RW 12 Desa Jayagiri, Lembang, telah lama mengandalkan keberadaan MCK umum tersebut. Adanya perbaikan MCK umum, telah membantu warga sekitar untuk mendapatkan pasokan air serta MCK yang bersih dan nyaman.

"Kalau bikin sendiri susah karena kontur tanahnya miring. Sekarang warga kalau ke MCK mudah dan aman," imbuhnya.

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Anggiat Ferdinand mengatakan Desa Jayagiri terpilih dipilih setelah sebelumnya dilakukan survei di beberapa tempat untuk menjadi tempat bakti sosial. Kegiatan baksos merupakan rangakaian hari Dharma Karya Dhika ke-77.

"Hasil survei di desa ini memang masyarakatnya membutuhkan sarana MCK, maka dalam rangka hari Dharma Karya Dhika ke-77 kita coba memberi bantuan yang bermanfaat ke masyarakat," tuturnya.

Lebih jauh dikatakannya, kegitan serupa juga dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dengan sasaran yang berbeda-beda tergantung dari kebutuhan di masing-masing wilayah. Seperti untuk di UPT Se-Bandung Raya difokuskan di Lembang, KBB, dengan bantuan perbailan MCK umum.

"Pemberian bantuan di Jabar di bagi lima rayon. Tiap rayon Melaksankan kegiatan yang sama, namun khusus di Bandung Raya dibangun dua MCK," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0911 seconds (0.1#10.140)