Mati Mesin, Kapal Pengangkut Es Batu Kandas di Laut Lepas Pantai Sadeng

Minggu, 24 Juli 2022 - 10:42 WIB
loading...
Mati Mesin, Kapal Pengangkut Es Batu Kandas di Laut Lepas Pantai Sadeng
Sebuah Kapal Sekoci pengangkut es batu bernama lambung Restu Putra kandas di sebelah Selatan pemecah ombak Pantai Sadeng, Kalurahan Songbanyu, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. (Ist)
A A A
GUNUNGKIDUL - Sebuah Kapal Sekoci pengangkut es batu bernama lambung Restu Putra kandas di sebelah Selatan pemecah ombak Pantai Sadeng, Kalurahan Songbanyu, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul , Sabtu (23/7/2022) malam.

Kapal Sekoci Restu Putra kandas karena mengalami mati mesin. Sebelum kandas, kapal tersebut sempat terbawa arus air laut yang deras akibat pasang. Kapal sudah berusaha melempar jangkar namun tak bisa menahannya.

Koordinator Sar Satlinmas Wilayah Operasi I, Sunu Handoko mengatakan, kapal tersebut sedianya hendak pulang menuju ke Pantai Sadeng usai mengantar es balok ke tengah lautan ke kapal lain yang lebih besar. Kapal tersebut pulang dalam keadaan kosong tanpa muatan.

Kapal itu ditumpangi oleh Rakimin (48) sebagai Tekong, Soleh (51) dan Uthis (36) Anak Buah Kapal (ABK), pada pukul 17.00 WIB berlayar menuju tengah laut.

Mereka berangkat ke tengah laut guna mengirimkan es balok ke Kapal Slerek. "Ada kapal kekurangan es batu. Terus dikirim oleh kapal ini," kata dia, Minggu (24/7/2022)

Sesudah mengantarkan es batu, kapal Sekoci Restu Putra hendak kembali ke Pantai Sadeng. Namun dalam perjalanan pulang kapal tersebut mengalami rusak mesin. Agar tidak terbawa arus, mereka kemudian menurunkan jangkar di laut lepas Pantai Sadeng.

Namun karena gelombang mulai pasang, sehingga jangkar tidak mampu menahan kapal. Kapalpun terbawa arus ke pinggir pantai dan kandas di antara batu karang yang banyak ditemukan di pantai tersebut.

Kapal berhenti karena terjebak bebatuan. “Jangkar tidak mampu menahan dan akhirnya kapal terbawa arus ke pinggir pantai dan kandas," jelasnya.

Para awak kapal langsung berkoordinasi dengan Tim SAR wilayah I. Anggota SAR yang menerima laporan, langsung bergegas melakukan tindakan pertolongan dibantu oleh beberapa nelayan menuju ke tempat kejadian perkara menggunakan perahu.

Baca: Edan, Saking Banyaknya Guru Musik di Surabaya Lupa Jumlah Anak yang Dicabulinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0997 seconds (0.1#10.140)