18 Koreografer Muda Kumpul di Bali, Ramaikan Festival Indonesia Bertutur 2022

Rabu, 20 Juli 2022 - 19:58 WIB
loading...
18 Koreografer Muda Kumpul di Bali, Ramaikan Festival Indonesia Bertutur 2022
Sebanyak 18 koreografer muda berkumpul di Bali, mereka hadir meramaikan Festival Indonesia Bertutur 2022. Foto: SINDOnews/Miftahul Chusna
A A A
DENPASAR - Sebanyak 18 koreografer muda dari berbagai daerah berkumpul di Ubud Bali , Rabu (20/7/2022). Mereka meramaikan Festival Indonesia Bertutur 2022.

"Mereka mengikuti temu seni untuk mengenal dan memahami tentang sejarah, seni dan budaya di situs cagar budaya Bali," kata Direktur Perfilman, Musik dan Media, Kemendikbudristek Ahmad Mahendra.



Dia menjelaskan, Festival Indonesia Bertutur 2022 merupakan bagian dari Pertemuan Menteri-Menteri Kebudayaan G20 (G20 Ministerial Meeting on Culture) yang akan dihelat di kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, September 2022.



Bali merupakan kota ketiga pelaksanaan kegiatan ini. Sebelumnya, gelaran serupa telah digelar di Tenggarong, Kalimantan Timur dan Sentani, Papua. Kota selanjutnya yang akan didatangi yaitu Makassar, Sulawesi Selatan.

Di Ubud, para koreografer yang memiliki beragam latar genre ini mengawali kegiatan dengan napak tilas dan sarasehan tentang situs Gunung Kawi di Tampaksiring.



Gunung Kawi yang terletak di Daerah Aliran Sungai (DAS) Pakerisan, Gianyar merupakan situs suci dan penting bagi peradaban dan budaya Bali.

Situs ini menjadi salah satu inspirasi lahirnya karya sastra di Bali. Cagar budaya Gunung Kawi memiliki derajat yang tinggi karena telah ditetapkan Unesco sebagai warisan dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)