Adnan Sebut Apkasi Otonomi Expo Bangkitkan Perekonomian Daerah

Rabu, 20 Juli 2022 - 22:37 WIB
loading...
Adnan Sebut Apkasi Otonomi Expo Bangkitkan Perekonomian Daerah
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, saat membuka kegiatan di Jakarta Convention Center, Rabu (20/7/2022). Kegiatan itu turut dihadiri oleh sederet pejabat seperti Mendagri dan Mentan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pelaksanaan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2022 yang diikuti 247 kabupaten se-Indonesia sebagai sebagai upaya dalam mendorong geliat ekonomi menuju peningkatan perekonomian daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Apkasi, Adnan Purichta Ichsan, saat membuka kegiatan di Jakarta Convention Center, Rabu (20/7/2022). Event ini mengangkat tema 'Pulihkan Ekonomi Daerah Melalui Jejaring Global.

Baca Juga: Pemkab Gowa Kenalkan Produk BUMDes di APKASI Otonomi Expo 2021

"Apkasi Otonomi Expo 2022 tiada lain untuk kembali membangkitkan ekonomi yang terpuruk akibat krisis pandemi Covid-19. Ini terbukti dengan meningkatnya jumlah daerah yang ikut serta pada expo tahun ini atau sebanyak 247 kabupaten dari 416 daerah seluruh Indonesia," ungkap dia.

Adnan juga menambahkan bahwa pada Apkasi Otonomi Expo ini, Kabupaten Gowa ikut serta memberikan kontribusi dengan terlibat sebagai peserta pada event tahunan tersebut.

"Kabupaten Gowa selalu berkontribusi dan berharap menjadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk bisa terus mengembangkan produk lokal daerah masing-masing sebagai upaya untuk membangkitkan kembali perekonomian," sebut orang nomor satu di Gowa ini.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian, saat membuka expo yang ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita mengatakan, Apkasi Otonomi Expo memiliki peran penting dalam mempromosikan produk-produk daerah.

"Promosi ini terdiri dari berbagai produk bidang pertanian, teknologi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pariwisata dan investasi. Kami berharap agar expo ini bisa membantu daerah-daerah khususnya kabupaten-kabupaten di seluruh Indonesia untuk meningkatkan komoditas utamanya," harap dia.

Baca Juga: Apkasi Dorong Kebijakan Penghapusan Honorer Ditunda

Pembukaan expo ini turut dihadiri Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo, Ketua Apkasi yang juga Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Bendahara Umum Apkasi yang juga Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, para Duta Besar Negara Sahabat serta para pengurus Apkasi.

Rangkaian Apkasi Otonomi Expo 2022 juga diisi dengan Executive Dialogue, Pertunjukan Seni dan Budaya, Talkshow Peningkatan Pemberdayaan UMKM, Workshop Indeks Daya Saing Derah Berkelanjutan, Business Matching dan Fashion Show Wastra Nusantara.
(tri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1849 seconds (10.177#12.26)