Pilkades di Sikka Ricuh, Polisi Terluka di Wajah Terkena Lemparan Batu

Rabu, 20 Juli 2022 - 19:05 WIB
loading...
Pilkades di Sikka Ricuh, Polisi Terluka di Wajah Terkena Lemparan Batu
Suasana kericuhan mewarnai Pilkades di Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, bahkan seorang polisi luka di bagian wajah karena terkena lemparan batu, Rabu (20/7/2022). Foto: iNewsTV/Joni Nura
A A A
MAUMERE - Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) di Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka , diwarnai dengan kericuhan. Aksi keributan yang terjadi di TPS 5 Dusun Duli mengakibatkan seorang polisi luka di bagian wajah karena terkena lemparan batu.

Aksi keributan dipicu karena sejumlah warga yang namanya tidak terakomodasi dalam daftar pemilih tetap (DPT) melakukan aksi protes kepada panitia pemilihan. Mereka menuntut untuk ikut memilih dengan menggunakan KTP dan KK.



Aksi protes ini pun berlanjut sehingah terjadi adu mulut antara polisi dan warga. Warga yang semakin beringas melemparkan batu hingga mengenai wajah seorang anggota polisi hingga mengalami luka.



Salah seorang warga mengatakan, pihaknya keberatan terhadap panitia karena tujuan kedatangan mereka ke TPS ingin mencoblos namun tidak diizinkan karena nama-nama mereka tidak terdaftar sebagai peserta pemilih.

“Sejak pagi saya berada di sini tapi saya tidak punya nama. Padahal, saya 15 tahun sudah jadi warga disini, tapi kenapa data saya tidak ada? panitia tidak becus, jangan dulu hitung suara kalau nama kami belum coblos, 30 lebih suara tidak ada suara,” kata Maria Nona Lely, warga setempat.



Sedangkan di TPS 05 Dusun Duli, yang sedikit ada keributan. Keributan itu akibat mereka tetap menuntut mereka yang tidak termasuk di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), mereka berharap bisa memilih menggunakan KTP.

Dalam penjelasan panitia penyelenggara, pihaknya sudah melakukan proses dalam penetapan daftar pemilih tetap (DPT) sejak awal daftar pemilih sementara diserahkan kepada panitia pemilihan di desa, setelah itu mereka lakukan verifikasi untuk melihat kira-kira ada pemilih yang juga mungkin pemilih tambahan.

“Proses itu sudah dilalui semua, terakhir sampai dengan penetapan diumumkan untuk warga masing-masing termasuk setiap RT juga diserahkan data-data,” bebernya.



Untuk menjaga kemungkinan adanya aksi protes lanjutan, semua kotak suara dievakuasi ke Maumere dan diamankan di Kantor Dinas PMD Sikka.

Dalam Pilkades Reroroja, calon Kepala Desa Florida Yosefina Ndena dipastikan unggul terhadap 2 calon lainnya. Cakades Florida mendapatkan dukungan 647 suara, Bernadus Kelan terpaut 1 suara yakni 646 suara dan Cyrilianus Bajo memperoleh dukungan 495 suara pemilih.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2346 seconds (0.1#10.140)