Gawat! Terkontaminasi Penyakit Menular, Ratusan Sample Darah di PMI Surabaya Dimusnahkan

Rabu, 20 Juli 2022 - 17:39 WIB
loading...
Gawat! Terkontaminasi Penyakit Menular, Ratusan Sample Darah di PMI Surabaya Dimusnahkan
Sebanyak 514 sample darah yang akan didonorkan di UTD PMI Kota Surabaya ternyata mengandung penyakit menular. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
SURABAYA - Sebanyak 514 sample darah yang akan didonorkan di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya, Jawa Timur ternyata mengandung penyakit menular.

Kantong darah yang terkontaminasi penyakit menular itu diketahui dari pemeriksaan Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah (IMLTD) yang dilakukan setiap seseorang usai mendonorkan darahnya.

Baca juga: Stok Darah PMI Menipis, Polres Salatiga Gelar Donor Darah

Rinciannya, Hepatitis B, ada 213 sample, Hepatitis C, 139 sample, Sifilis, 110 sample serta HIV, 52 sample darah. Saat ini, sampel darah yang mengandung penyakit menular tersebut telah dibuang.

"Darah yang telah diketahui mengandung penyakit menular itu dilarang dipakai untuk didonorkan ke pasien yang membutuhkan. Walaupun reaktif sekecil apa pun tetap nggak bisa keluar untuk didonorkan," kata Kabag Pelayanan dan Humas UTD PMI Kota Surabaya, Wandai Rasotedja, Rabu (20/7/2022).



Dia menambahkan, darah yang mengandung penyakit menular diambil dan diangkut oleh petugas limbah Bahan, Berbahaya, Beracun (B3).

Seluruh darah yang mengandung penyakit menular itu kini telah dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) medis.

Baca juga: Tim Gabungan Ungkap Ciri-ciri 4 Eksekutor Penembakan Istri Anggota TNI

Darah yang mengandung penyakit menular tersebut akan dimusnahkan dengan limbah medis lainnya. "Kami bekerja sama dengan pihak ketiga. Mereka yang akan mengambil (limbah medis) tiga hari sekali untuk dimusnahkan melalui inseminator,” pungkasnya.
(shf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3302 seconds (10.101#12.26)