Gempa Bumi M5,8 Getarkan Bengkulu, Tidak Potensi Tsunami

Rabu, 20 Juli 2022 - 08:50 WIB
loading...
Gempa Bumi M5,8 Getarkan Bengkulu, Tidak Potensi Tsunami
Gempa bumi dengan magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Bengkulu dan tidak berpotensi tsunami.Foto/ilustrasi
A A A
BENGKULU - Gempa bumi dengan magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, Bengkulu, Rabu (20/7/2022). Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudoM5,5. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4,33° LS ; 101,95° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 64 Km arah Barat Daya Kota Bengkulu, Bengkulu pada kedalaman 56 km.

Baca juga: Pengurus Masjid di Kalsel Laporkan Pembuat Video Sendal Rhoma Irama Hilang

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempa ini dirasakan di Bengkulu Kota dengan skala intensitas IV - V MMI (getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti).

Di Kepahiang, Bengkulu Utara dengan skala intensitas III - IV MMI ( pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi)

Muko-muko, Krui dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), Muara Dua, Lubuk Linggau, Musi Rawas dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," demikian kutipan BMKG.
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1134 seconds (10.55#12.26)