Ramah Lingkungan, 30 Komunitas di Jember Bagikan Paket Daging Kurban Pakai Daun

Senin, 18 Juli 2022 - 20:48 WIB
loading...
Ramah Lingkungan, 30 Komunitas di Jember Bagikan Paket Daging Kurban Pakai Daun
Kolaborasi komunitas di Jember mengurangi penggunaan kantong plastik dan mengganti daun jati dan pisang sebagai wadah daging kurban. Foto/ist
A A A
JEMBER - Puluhan komunitas di Jember dan Bondowoso menggelar kegiatan KITA Berbagi 2022 dalam rangka Idul Adha 2022. Kolaborasi komunitas itu terdiri dari anak motor Bold Riders, karang taruna dan paguyuban yang tergabung dalam Heppiii Community Jember dan Bondowoso.

Komunitas juga berupaya mengurangi penggunaan kantong plastik dan mengganti daun jati dan pisang sebagai wadah daging kurban.

Koordinator KITA Berbagi 2022 di Jember Bagus Arif Rahman mengatakan, sejumlah pakain adat dan daerah yang dikenakan adalah pakaian khas Madura, kemudian pakaian seniman reog, serta memakai pakaian ala petani saat membagikan daging kurban. Pakaian khas tersebut menggambarkan akan kekayaan budaya di wilayah yang berada di Tapal Kuda tersebut.

Baca juga: Karang Taruna di Probolinggo Bagikan Daging Kurban ke Suku Tengger

Simbol pakaian berbagai daerah juga merupakan wujud kebersamaan dan kekompakan dalam melakukan kegiatan yang positif. Kata Bagus ada 26 ekor kambing yang dibagikan kepada warga sekitar dalam kegiatan KITA Berbagi 2022.

"Semua daging kurban kita bagikan dengan menggunakan wadah ramah lingkungan, seperti besek, adaun pisang dan daun jati. Ini juga seiring dengan program Pemkab Jember yang mengeluarkan surat edaran terkait pembagian daging kurban juga harus memakai wadah ramah lingkungan," kata Koordinator KITA Berbagi 2022 di Jember Bagus Arif Rahman, Rabu (13/7).

Tercatat ada 30 komunitas yang tergabung dalam kegiatan KITA Berbagi 2022 yang mengambil tema Bangkit Bersama Menjadi Pemenang ini. Komunitas yang terdiri dari karta Heppiii Community serta Bold Riders dan paguyuban ini membagikannya kepada dhuafa, yatim piatu dan warga yang membutuhkan.

Uniknya banyak juga dari komunitas ini ada yang membagikan daging kurban disertai dengan bumbu sate serta gule. Harapannya masyarakat yang menerima bisa langsung mengolah tanpa harus membeli keperluan bumbu masak.

Komunitas itu adalah YVC-I VJ, Byson Rider Jember, Ninjers, Dewata Rockers MG Jember, YR15CI Jember, Krackers Supermoto Jember, YVCI - BS, Bosevic, CCI-Bondowoso, V-One Bondowoso, GMC Bondowoso, ARC Bondowoso, Laskar Segoro Kidul (LSK), Komunitas Arek Kencong (KAK), Singo Muncul "Arek Tamansari (ARTAM)", LARE PONJER, THE ELLO GO D'HOG, SAKERA CANGKRING, NDOYONK, GENERASI MUDA GEDANGAN (GMG), SARWA, ANTARIKSA, IKATAN MUDA MUDI BERSATU (IMMB), SEMBARA, RUKUN KEMATIAN MASYARAKAT, PENITIK (RKM), KARAT BESI, GOBAR, SOLIDARITAS REMAJA BAGOREJO KRAJAN (SORBAN), dan MITRA KERJA.

Program KITA Berbagi 2022 ini serentak dilaksanakan di 87 kabupaten Kota di Indonesia Timur. KITA Berbagi tahun ini ada 637 ekor sapi dan kambing yang dibagikan ke masyarakat.

Pada 2020 dan 2021, Program KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapainnya. Pada 2021 lalu, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak oleh komunitas dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini kolaborasi berbagai komunitas ini juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Data awal sudah ada 10.583 paket daging kurban yang dibagikan dengan wadah ramah lingkungan seperti besek, daun jati, daun pisang dan wadah ramah lingkungan lainnya. Data ini adalah jumlah sementara dan diperkirakan akan terus bertambah dalam sepekan kedepan
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)