Pemprov Sulteng Dukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan

Senin, 18 Juli 2022 - 16:14 WIB
loading...
Pemprov Sulteng Dukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan
Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma’mun Amir saat menerima audiensi PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tengah (UPP Sulteng). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), mendukung percepatan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang akan dilakukan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi diwakili PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tengah (UPP Sulteng).

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma’mun Amir saat menerima audiensi PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tengah (UPP Sulteng). Audiensi dihadiri oleh Manager PLN UPP Sulteng, Effendi Kurnianto beserta jajaran mereka memaparkan progres Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) khususnya pembangunan jaringan transmisi 150 kV PLTU Palu 3 – Gardu Induk (GI) 150 kV Tawaeli – GI 150 kV Talise.



Effendi Kurnianto menyampaikan progres pembangunan jaringan transmisi 150 kV PLTU Palu 3 – GI 150 kV Tawaeli – GI 150 kV Talise saat ini telah memasuki tahap pengadaan tanah. Rencananya akan dibangun 102 tower dengan panjang kurang lebih 31 Kilometer (Km) yang akan menghubungkan sistem kelistrikan di Kota Palu dengan Kabupaten Donggala.
“Kedatangan kami ke kantor Wakil Gubernur Sulawesi Tengah dalam rangka menyampaikan progres pengadaan lahan pembangunan jaringan transmisi 150 kV yang saat ini sementara berjalan untuk Kota Palu dan Kabupaten Donggala," kata dia.

Dirinya menjelaskan, terdapat beberapa tantangan sosial yang dihadapi untuk itu, pihaknya mengharapkan dukungan dari pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah karena pembangunan ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditugaskan oleh pemerintah ke PLN guna meningkatkan keandalan suplai listrik.

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah menyambut baik kedatangan PLN dan mendengarkan pemaparan terkait progres pembangunan jaringan transmisi 150 kV PLTU Palu 3 – GI 150 kV Tawaeli – GI 150 kV Talise.

Pada dasarnya pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mendukung PLN dalam percepatan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan, terlebih pembangunan ini termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).



“Beroperasinya jaringan transmisi ini akan meningkatkan investasi di Sulawesi Tengah. Apalagi nantinya transmisi ini akan menyalurkan listrik untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu dan memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Palu serta Kabupaten Donggala. Adapun untuk tantangan sosial yang saat ini dihadapi PLN akan segera kami tindak lanjuti guna mendukung kelancaran pembangunan tersebut,” ujar Ma’mun.

Segenap dukungan dan perhatian dari seluruh stakeholder akan mempercepat proses Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan sehingga manfaat dari pembangunan tersebut akan lebih cepat dinikmati oleh masyarakat luas baik secara langsung maupun tidak langsung karena PLN senantiasa berkomitmen untuk menyediakan listrik yang andal bagi seluruh pelanggan.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2417 seconds (0.1#10.140)