Gawat, 20 Ibu Hamil di Kota Surabaya Positif COVID-19

Jum'at, 26 Juni 2020 - 20:05 WIB
loading...
Gawat, 20 Ibu Hamil di Kota Surabaya Positif COVID-19
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Semua warga Kota Surabaya, diharapkan bisa menjaga imunitas. Termasuk para ibu hamil yang sedang bersiap melaksanakan persalinan. Tercatat, sampai saat ini ada 20 ibu hamil di Kota Pahlawan yang terpapar COVID-19.

(Baca juga: Anak Petani Asal Paluta Raih Adhi Makayasa Taruna AAU 2020 )

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, sampai Senin (22/6/2020), setidaknya ada 20 ibu hamil yang positif COVID-19. Mereka harus menjalani isolasi dan berupaya sang buah hati bisa lahir dengan selamat dan tidak tertular virus Corona.

Kepala Dinkes Kota Surabaya, Febria Rachmanita menuturkan, meskipun orang dengan penyakit penyerta lebih rentan terpapar COVID-19, namun ia mengimbau kepada ibu hamil agar tetap menjaga imun tubuhnya.

"Kalau ibu hamil selama dia imunitasnya baik tidak apa-apa, yang rentan itu kalau yang dia memiliki penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi dan asma," kata Feny, panggilan akrabnya, Jumat (26/6/2020).

(Baca juga: Tangis Haru Sumiyati, Pulang Dari Papua Diantar Prajurit Kostrad )

Ia melanjutkan, pandemi COVID-19 memberikan pengaruh pada layanan kesehatan di sektor lainnya. Salah satunya pelayanan kesehatan ibu hamil yang harus dipastikan tetap berjalan.

Pihaknya pun telah bekerjasama dengan beberapa rumah sakit rujukan dalam memberikan pelayanan khusus kepada ibu hamil. Rumah sakit itu tetap memberikan pelayanan cepat pada ibu hamil.

Untuk menghindari terjadinya kematian pada ibu hamil, beberapa rumah sakit rujukan di Surabaya siap memberikan perawatan dan pelayanan kesehatan kepada mereka. "Pelayanan kesehatan kepada ibu hamil tidak terganggu ya, semua mudah-mudahan bisa aman di tengtah pandemi ini," ucapnya.

(Baca juga: Garda Depan Penanganan COVID-19, PPDS Unair Dapat Keringanan UKT )

Ia melanjutkan, terdapat lima rumah sakit rujukan di Kota Surabaya yang siap memberikan perawatan dan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil. Kelima rumah sakit itu yakni, RSIA Putri, RSIA Kendangsari, RS Al-Irsyad, RSUD dr. M. Soewandhie dan RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH).

Kelima RS itu juga dilengkapi dengan NICU (Neonatal Intensive Care Unit) atau Unit Perawatan Intensif Bayi Baru Lahir. "RSUD dr. Soewandhie dalam menangani ini akan menambah beberapa bed untuk ibu hamil dan untuk NICU-nya," ungkapnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)