Cybers Academy Beri Pelatihan Jurnalistik pada Karang Taruna dan Bhabinkamtibmas Polres Pesawaran

Jum'at, 15 Juli 2022 - 15:29 WIB
loading...
Cybers Academy Beri Pelatihan Jurnalistik pada Karang Taruna dan Bhabinkamtibmas Polres Pesawaran
Pembina Media Online Guetilang.com Irjen Pol Eko Budi Sampurno Irjen Pol Eko Budi Sampurno saat penyerahan sertifikat pelatihan Wartawan Muda Reporter Cybers Academy di Sanggar Kreasi Bersama (SKB) Pesawaran Maestro Class. (Ist)
A A A
PESAWARAN - Platform pelatihan online kekinian Cybers Academy memberikan pelatihan jurnalistik kepada karang taruna dan personel Bhabinkamtibmas Polres Pesawaran, Lampung, pada Kamis, 14 Juli 2022. Dalam kegiatan tersebut juga sekaligus dilakukan peluncuran media Guetilang.com.

Kegiatan ini merupakan kelas perdana dan berlangsung di Sanggar Kreasi Bersama (SKB) Pesawaran Maestro Class yang terletak di Desa Wiyono, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Pelatihan ini disebut Wartawan Muda Reporter. Ini adalah salah satu pelatihan yang disediakan Cybers Academy kepada mereka yang ingin mengenal ranah jurnalistik. Pelatihan jurnalistik ini digelar Cybers Academy bekerja sama dengan Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI).

Adapun materi pelatihan yang disampaikan Dewi Martha dan Andi Nurdin menggunakan modul pelatihan berbasis Standar Kompetensi Kerja Khusus wartawan yang sudah teregistrasi di Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Irjen Pol Eko Budi Sampurno selaku Pembina Media Online Guetilang.com, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, dan Kepala Polres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo yang hadir langsung pada penyerahan sertifikat pelatihan dan launching Media Online Guetilang.com.

Irjen Pol Eko mengatakan Guetilang.com nantinya akan menjadi sarana bagi para jebolan peserta pelatihan wartawan dari Bhabinkamtibmas untuk menjalankan praktik jurnalistik di media ini sebagai kontributor.

Menurutnya, media Guetilang.com akan memberi ruang yang seluas-luasnya bagi citizen jurnalism atau jurnalisme warga untuk menyampaikan aspirasi atau suara rakyat melalui media ini.

Para Bhabinkamtibmas yang dilatih sebagai wartawan nantinya akan menjadi pembina bagi warga masyarakat di tingkat terkecil yang tertarik untuk menjalankan praktek citizen jurnalism melalui media resmi.

"Kita akan menjadikan Pesawaran sebagai pilot project kegiatan ini dan ini kegiatan baru pertama kali di Indonesia," kata Irjen Pol Eko.

Irjen Pol Eko mengatakan acara ini telah menggabungkan 3 kegiatan sekaligus, yang ada di Warung Kopi Digital (Warkop Digital) yang dibuat oleh Bupati Pesawaran dengan Cybers Academy, LSP Pers Indonesia, dan media Guetilang.com.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)