Tahun Ajaran Baru Segera Dimulai, Disdik Waspadai Kenaikan Tren Kasus COVID-19

Rabu, 13 Juli 2022 - 13:14 WIB
loading...
Tahun Ajaran Baru Segera Dimulai, Disdik Waspadai Kenaikan Tren Kasus COVID-19
Dinas Pendidikan Bandung Barat mewaspadai tren kasus COVID-19 saat tahun ajaran baru.Foto/ilustrasi
A A A
CIMAHI - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat (KBB) resmi mengeluarkan kalender pendidikan tahun ajaran 2022/2023. Rencananya tahun ajaran baru digelar Senin (18/7/2022) untuk semua jenjang pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan, KBB, Asep Dendih mengatakan, pada tahun ajaran baru nanti pihaknya sudah menerapkan pembelajaran tatap muka 100%. Hanya saja adanya kenaikan kasus COVID-19 saat ini tetap menjadi perhatian pihaknya.

"Kita berharap tahun ajaran baru berjalan lancar. Adanya kenaikan kasus COVID-19 tetap diantisipasi, tapi semoga tidak terus bertambah," tuturnya, Rabu (13/7/2022).

Baca juga: Mahasiswi SPG Rokok Ditemukan Tewas Misterius di Kamar Kos Kota Tasikmalaya

Menurutnya, sebagai salah satu dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pihaknya memiliki tanggung jawab secara teknis dan administratif dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan. Baik di satuan pendidikan tingkat PAUD, TK, SD, dan SMP.

"Ada surat edaran (SE) tertanggal 14 Juni 2022 bahwa kalender pendidikan merupakan rujukan jadwal kegiatan tahunan dan nonakademik untuk setiap satuan pendidikan," ujarnya.

Didalamnya memuat semua hal terkait dengan proses belajar-mengajar, penerimaan peserta didik, dan kelulusan. Semuanya disusun dalam suatu pola yang menggambarkan jangka waktu dan jenis kegiatan akademik selama semester gasal dan semester genap.

Lebih lanjut dikataiannya, hal yang perlu disikapi oleh semua satuan pendidikan adalah jumlah kegiatan yang menjadi program pemerintah. Baik pusat maupun daerah, seperti lomba dan kompetisi untuk siswa, guru, dan sekolah. Termasuk penyelenggaran Asesmen Nasional (AN).

"Beberapa jenis kegiatan yang harus dicermati oleh setiap satuan pendidikan seperti Pemilihan Guru dan Tenaga Pendidikan Berprestasi, Kompetisi Sains Nasional, Kompetisi Olahraga Siswa Nasional, Lomba Sekolah Sehat, Lomba Adiwiyata, dan Lomba Perpustakaan Sekolah," sebutnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)