Asal Usul Bakso President Kuliner Tersohor Malang, Ternyata Diawali Nama Bioskop Legendaris

Rabu, 13 Juli 2022 - 09:17 WIB
loading...
Asal Usul Bakso President Kuliner Tersohor Malang, Ternyata Diawali Nama Bioskop Legendaris
Suasana di gerai Bakso President, kuliner ikonik di Kota Malang yang ternyata namanya diawali dari sebuah bioskop legendaris.Foto/Avirista
A A A
MALANG - Bakso menjadi salah satu kuliner ikonik Malang. Beragam tempat makan bakso tersedia di Malang. Namun di antara banyaknya tempat menyantap kuliner ini, ada satu tempat kuliner tersohor bakso Malang bernama Bakso President.

Namanya mungkin banyak orang tahu, apalagi lokasinya berada di tepi rel kereta api memunculkan sensasi adrenalin saat menyantapnya. Tapi siapa sangka penamaan Bakso President berawal dari sebuah gedung bioskop yang berdiri di lokasi yang kini ditempati Bakso President.

Penanggungjawab Bakso President Ali Wahdani mengungkapkan, usaha Bakso President awalnya dirintis oleh seseorang bernama Abdul Goni Sugito. Awalnya Abdul Goni berjualan bakso di tahun 1977 dengan cara dipikul keliling Kota Malang.

Baca juga: 3 Kota di Jawa Timur Mulai Buka Pendaftaran MyPertamina, Mana Saja?

"Suatu ketika abah itu berhenti di depan sini (lokasi Bakso President) karena di tahun-tahun segitu anak-anak muda zaman itu nggak handphone, nggak ada hiburan jadi hobinya trek-trekan," ucap Ali Wahdani ditemui MNC Portal, pada Selasa malam (12/7/2022).

Kebetulan lokasi yang dipakai nongkrong anak-anak muda dan balapan dahulu terdapat sebuah gedung bioskop legendaris bernama Bioskop President, alhasil kawasan itu pun disebut kawasan President. Lambat laun banyaknya anak muda yang nongkrong di kawasan Bakso President membuat dagangan bakso Abdul Goni Sugito yang awalnya bernama Bakso Manalagi, laris manis bak kacang goreng.

Asal Usul Bakso President Kuliner Tersohor Malang, Ternyata Diawali Nama Bioskop Legendaris

Suasana di dalam kedai Bakso President, kuliner ikonik Kota Malang.

"Awalnya dipikul, terus berhenti di sini akhirnya cocok, lumayan banyak yang beli di daerah sini akhirnya pindah ke gerobak dorong. Depan ini Bioskop President, treknya itu biasanya dari Bioskop Irama ke Bioskop President, makanya terkenalnya sini daerah President," kata dia.

Penamaan Bakso President sendiri dicetuskan Abdul Goni Sugito lantaran banyaknya pelanggannya yang menyebut bakso yang ada di daerah Bioskop President, dari sanalah nama Bakso Manalagi berganti menjadi Bakso President. Sayang Ali tak tahu pasti kapan Abdul Goni yang sudah dianggap seperti orang tuanya sendiri itu mengganti nama.

"Baksonya malah namanya Bakso Manalagi, karena seringnya konsumen nyebut bakso yang ada di President, ini kan dulu bakso president. Akhirnya ganti nama jadi bakso President itu. President itu juga dari bahasa asing, tapi nggak tahu apa maksudnya dinamakan Bioskop President, yang jelas namanya itu," jelasnya.

Beberapa tahun kemudian disebut Ali, Abdul Goni yang kerap disapanya Abah ini akhirnya pindah ke belakang Gedung Bioskop atau di tempat yang saat ini. Bioskop President kini pun berganti menjadi hotel berbintang di Malang.

"Kalau yang gerobak masih yang di depan, terus pindah ke belakang ini pakai kayak tenda-tenda itu. Sudah lama itu, puluhan tahun pokoknya, persisnya lupa. Tapi sudah 45 tahun ini," ungkapnya.

Sementara Ali sendiri turut membantu proses produksi Bakso President sejak tahun 1993. Saat itu ia yang masih duduk di bangku sekolah SMP berteman dengan anak Abdul Goni bernama Rohman Aji. Sejak saat itulah ia awalnya menyuplai daging bakso hingga akhirnya membantu proses produksi.

"Saya pegawai istilahnya yang diberi amanah ngawasin saja, temannya anaknya, berkecimpung di sini main-main SMP kelas 1, tahun 93 - 94 mulai di sini, mulai fokus membantu sendiri mulai 2013an. Kalau dulu saya nyuplai daging saja," bebernya.

Kini bersama anak pembuat bakso President pertama Rohman Aji dirinya mengembangkan usaha bakso rintisan sejak tahun 1977. Memang secara lokasi hanya tiga gerai yang dibuka oleh Bakso President dan seluruhnya di Malang. Satu gerai bakso yang merupakan pusatnya sekaligus tempat memasak seluruh bakso berlokasi di pinggir rel kereta api.

"Dulu cabang di luar sempat ada, di Palembang sempat ada, Surabaya ada, Jakarta ada. Tapi kualitas kontrolnya susah, di Surabaya ngirmnya dari sini demi menjaga kualitas masakan," tuturnya.

Tak ayal perpaduan antara penjagaan kualitas rasa bakso dan suasana unik di pinggir rel kereta api menjadikan Bakso President ikon kuliner Malang. Bahkan sejumlah publik figur hingga pejabat negara, salah satunya anak Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka, menyempatkan singgah mencicipi bakso ini.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)