Mulai 17 Juli, Naik Kereta Api Wajib Booster atau PCR

Selasa, 12 Juli 2022 - 14:19 WIB
loading...
Mulai 17 Juli, Naik Kereta Api Wajib Booster atau PCR
Mulai 17 Juli 2022, naik kereta api wajib vaksin booster atau PCR.Foto/ilustrasi
A A A
BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop II Bandung mulai mewajibkan penumpang kereta api (KA) jarak jauh telah disuntik vaksin Covid-19 booster. Jika belum, penumpang wajib menyertakan hasil tes negatif PCR atau antigen.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop II Bandung Kuswardoyo, sebagai bentuk komitmen untuk terus mendukung seluruh kebijakan pemerintah terkait perjalanan kereta api di masa pandemi Covid-19, mulai 17 Juli 2022 Daop 2 Bandung akan memberlakukan aturan syarat perjalanan kereta api terbaru.

"Aturan baru tersebut mewajibkan pelanggan KA Jarak Jauh yang belum mendapatkan vaksinasi ketiga (booster) harus menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku pada saat melakukan boarding," jelas dia.

Baca juga: Mulai 17 Juli 2022, Penumpang KA Jarak Jauh yang Belum Divaksin Booster Wajib Skrining COVID-19

Aturan syarat naik KA Jarak Jauh ini sesuai dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 pada 8 Juli 2022.

"Kebijakan mengenai aturan syarat naik KA ini diharapkan dapat menekan kembali penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat. Sekaligus Daop 2 Bandung mengajak calon pelanggan KA untuk melakukan vaksinasi hingga vaksin ke-3, guna mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19 pada lokasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah," ujar Kuswardojo.

Dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi Peduli Lindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 pelanggan. Hasilnya data tersebut dapat langsung diketahui oleh KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, web KAI, dan pada saat boarding.

Daop 2 Bandung sendiri akan kembali menyediakan fasilitas vaksinasi di Stasiun Bandung pada Selasa 12 Juli 2022.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal yang berlaku mulai 17 Juli.

1. Syarat Naik KA Jarak Jauh
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2951 seconds (0.1#10.140)