DP2 Temukan Ratusan Hewan Tak Layak Kurban di Kota Makassar

Minggu, 10 Juli 2022 - 17:57 WIB
loading...
DP2 Temukan Ratusan Hewan Tak Layak Kurban di Kota Makassar
Suasana penyembelihan hewan kurban di kawasan Masjid AL-Muhajirin Blok 10 Perumnas Antang, Kecamatan Manggala, Makassar, Minggu (10/7/2022). Foto: Sindonews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - Dinas Pertanian dan Perikanan (DP2) Kota Makassar, menemukan ratusan hewan yang tak layak kurban. Hal itu diperoleh dari hasil pemeriksaan tim pemeriksa hewan kurban .

Kepala DP2 Makassar, Evi Aprialty mengatakan, sejak tanggal 1 hingga 6 Juli 2022, tim pemeriksa sudah melakukan pemeriksaan kepada kurang lebih 4 ribuan hewan siap kurban. Hasilnya, ada 415 yang dinyatakan tak layak.

Baca Juga: Antisipasi Pencurian, Pengawasan Mobilisasi Hewan Ternak Diperketat

"Sudah ada 4 ribuan kami periksa dari 8 titik. Dalam pemeriksaan itu ada beberapa kategori yang tidak layak seperti ada cacat telinga, sapi masih produktif, matanya rusak katarak, ada juga yang ciri-ciri sakit," ungkap Evi.

Dirinya mengatakan, masih ada sejumlah pedagang yang tak paham antara jenis hewan yang layak dan tidak layak untuk dikurbankan.

"Karena rata-rata mereka bukan peternak asli. Mereka datang saja untuk menjual. Kadang mereka membeli banyak dari peternak. Seperti di daerah Tamangapa yang punya 600-an ekor. Itu sulit mereka deteksi, makanya tugas kami yang memeriksa satu per satu," bebernya.

Lebih lanjut, Evi juga mengimbau para pedagang maupun peternak agar tidak mengurbankan sapi betina yang masih produktif. Sebab, hal itu bisa memutus rantai peternakan sapi .

"Jadi kalau kami temukan yang seperti itu, apalagi ada cacat, belum cukup umur, kami beri pengertian ke pedagang," jelas dia.

Baca Juga: 85 Petugas Disiagakan, Siap Periksa Hewan Kurban


(agn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2842 seconds (11.97#12.26)