Sebelum Hilang di Gunung Arjuno, Pelari Lintas Alam Asal Jakarta Dinyatakan Sakit

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:48 WIB
loading...
Sebelum Hilang di Gunung Arjuno, Pelari Lintas Alam Asal Jakarta Dinyatakan Sakit
Tim SAR bersiaga di sekitar lokasi hilangnya pelari asal Jakarta di Gunung Arjuno Malang.Foto/Avirista
A A A
MALANG - Pelari yang hilang di Gunung Arjuno Malang dilaporkan sempat sakit sebelum mengikuti Mantra Summit Challenge 2022. Namun belum dijelaskan sakit yang seperti yang dilaporkan oleh pihak panitia.

"Dia sakit, jadi dia pada waktu event sudah sakit," ucap Komandan Basarnas Surabaya Andrias Pramudya Kusuma ditemui MNC Portal, di Pos Pendakian Gunung Arjuno Lawang, pada Selasa (5/7/2022).

Hal ini disebut Andrias diceritakan panitia Mantra Summit Challenge 2022 dari Yurbianto Basri (46) warga Jalan Pemandangan 2, Jakarta Utara, namun sang peserta tetap memutuskan ikut lomba lari maraton.

"Ya panitia bilang, jadi dia sudah dikonfirmasi ulang gimana bapak jadi ikut atau nggak, terus bilang jadi ikut," katanya.

Baca juga: Pelari Lintas Alam Asal Jakarta Hilang di Gunung Arjuno Malang

Namun Yurbianto disebut pernah mengikuti ajang lari yang berlatarbelakangkan alam, sebagaimana yang disampaikan pihak keluarga. "Katanya keluarga pernah ikut. Sekarang keluarga survivor posisinya di Lawang. Kita nunggu di Pos Lawang karena lebih dekat, karena dia kan turun habis dari puncak Arjuno," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan seorang peserta lari lintas alam Mantra Summit Challenge 2022 dinyatakan hilang pada Minggu 3 Juli 2022. Peserta asal Jakarta Utara itu tak diketahui keberadaannya setelah melewati pos Puncak Arjuno pada Sabtu (2/7/2022), pukul 19.10 WIB. Yurbianto seharusnya melanjutkan rute menuju ke pos Budug Asu melewati jalur pendakian menurun ke arah Mahapena.

Namun, panitia tidak menemukan keberadaan Yurbianto di pos Budug Asu maupun Pos Wonorejo, Lawang hingga jadwal seharusnya. Pihak panitia pun melakukan pencarian internal dengan menyisir jalur maraton yang melewati Gunung Arjuno-Budug Asu. Namun, selama hampir dua jam hingga pukul 21.00 WIB tim tidak menemukan keberadaan Yurbianto.

Tim panitia terus menyisir jalur dari puncak Arjuno sampai ke Wonorejo, Lawang melewati Mahapena dan Savana dan tidak menemukan keberadaan Yurbianto. Pada Minggu (3/7/2022), petang, semua peserta sudah memasuki garis finish terkecuali Yurbianto atau peserta nomor 18.

Kemudian yang bersangkutan dilaporkan hilang. Tim gabungan telah membuka posko pencarian di Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Sesuai keterangan panitia penyelenggara Mantra Summits Challenge ada sebanyak 712 peserta maraton. Namun, hanya 711 peserta yang mencapai garis finis.
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1540 seconds (10.177#12.26)