Kronologi Hilangnya Pelari Maraton Asal Jakarta Utara di Gunung Arjuno

Senin, 04 Juli 2022 - 22:03 WIB
loading...
Kronologi Hilangnya Pelari Maraton Asal Jakarta Utara di Gunung Arjuno
Tim SAR saat melakukan pencarian hilangnya pelari maraton asal Jakarta Utara di Gunung Arjuno Malang. Foto: MPI/Avirista Midada
A A A
MALANG - Satu peserta lari lintas alam yang dilaporkan hilang di Gunung Arjuno belum ditemukan. Satu orang bernama Yurbianto Basri (46) warga Jalan Pemandangan 2, Jakarta Utara, merupakan peserta Maraton Mantra Summits Challenge 2022 Nomor 18.

Dari informasi yang dihimpun, event maraton Mantra Summits Challenge 2022 untuk kategori 116 K diikuti sebanyak 712 peserta. Dimana satu peserta dengan nomor urut 18 atas Yurbianto hilang kontak dan tak bisa ditemukan di Gunung Arjuno.

Baca juga: Pelari Lintas Alam Asal Jakarta Hilang di Gunung Arjuno Malang

Warga Jakarta Utara itu tak diketahui keberadaannya setelah melewati pos Puncak Arjuno pada Sabtu (2/7/2022), pukul 19.10 WIB. Yurbianto seharusnya melanjutkan rute menuju ke pos Budug Asu melewati jalur pendakian menurun ke arah Mahapena.



Namun, panitia tidak menemukan keberadaan Yurbianto di pos Budug Asu maupun Pos Wonorejo, Lawang hingga jadwal seharusnya. Pihak panitia pun melakukan pencarian internal dengan menyisir jalur maraton yang melewati Gunung Arjuno-Budug Asu. Namun, selama hampir dua jam hingga pukul 21.00 WIB tim tidak menemukan keberadaan Yurbianto.

Tim panitia terus menyisir jalur dari puncak Arjuno sampai ke Wonorejo, Lawang melewati Mahapena dan Savana dan tidak menemukan keberadaan Yurbianto. Pada Minggu (3/7/2022), petang, semua peserta sudah memasuki garis finish terkecuali Yurbianto atau peserta nomor 18.

Baca juga: Pendaki Gunung Arjuno Hilang saat Berusaha Menyelamatkan Rekannya yang Terjatuh

Kemudian yang bersangkutan dilaporkan hilang. Tim gabungan telah membuka posko pencarian di Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Sesuai keterangan panitia penyelenggara Mantra Summits Challenge ada sebanyak 712 peserta maraton. Namun, hanya 711 peserta yang mencapai garis finis.

Kasi Perlindungan dan Pengaman Taman Hutan Raya (Tahura) Ajat Sudrajat mengatakan, sesuai laporan panitia pelaksana maraton dilaporkan ada satu peserta belum ditemukan hingga hari ini.

"Survivor dilaporkan tidak diketahui keberadaannya, dia merupakan peserta maraton Mantra Summits Challenge 2022 nomor 18," kata Ajat kepada wartawan di pos jalur pendakian Gunung Arjuno, Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Senin (4/7/2022).
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1154 seconds (10.101#12.26)