Mahakam 10K 2022 Bawa Semangat Kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:19 WIB
loading...
Mahakam 10K 2022 Bawa Semangat Kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara
Hetifah Sjaifudian yang juga Wakil Ketua Komisi X DPR RI terlihat hadir dalam jumpa pers event Mahakam 10K 2022. (Ist)
A A A
SAMARINDA - Sungai Mahakam merupakan Ikon Geografis Kalimantan Timur dengan panjang sekitar 920 km, sebagai sungai terbesar di Kalimantan Timur. Sungai Mahakam menjadi representasi yang menghubungkan berbagai daerah di Kalimantan Timur.

Berbagai aktivitas mulai dari rutinitas kegiatan warga, pariwisata , kuliner, hingga olahraga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang berkunjung.

Kalimantan Timur sendiri secara keseluruhan saat ini sedang dipersiapkan untuk menjadi centre bukan hanya untuk pembangunan Ibukota Nusantara, tetapi juga dengan kegiatan pendukung lainnya.

Samarinda, sebagai salah satu kota penyangga Ibukota Nusantara diproyeksikan akan menjadi kota metropolitan rendah karbon dengan konsep sustainable, green, dan technology advanced sudah selayaknya unjuk gigi menunjukkan geliat yang seharusnya dipancarkan oleh sebuah pusat negara.

Salah satunya dengan mengadakan event nasional yang membuat mata tertuju pada Kalimantan Timur. Dengan mengusung tema nature, food, and people for sport tourism, Mahakam 10K akan menjadi salah satu event nasional yang bergengsi di Kalimantan Timur.

Itulah yang menjadi pemantik gagasan Hetifah Sjaifudian selaku Waketum DPP Partai Golkar dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI. Beliau menelurkan gagasan event Mahakam 10K 2022 di sekitar jembatan sungai Mahakam, Samarinda.

“Olah raga lari sangat populer di Indonesia. Banyak orang yang senang lari, apalagi kalau melintasi area yang memanjakan mata. Di pinggiran Sungai Mahakam, banyak spot yang menarik, salah satunya jembatan Mahakam. Nah, kami pilih event Mahakam 10K 2022 karena dengan adanya pandemi Covid-19 kemarin masyarakat sudah rindu akan aktivitas outdoor yang menyehatkan, selain tubuh menjadi bugar, masyarakat juga bisa mengenal lebih jauh tentang Sungai Mahakam,” jelas Hetifah Sjaifudian, dalam siaran persnya, Minggu, (03/07/2022).

Hetifah menambahkan, lomba lari bertaraf nasional yang terbuka untuk umum ini paling pas dilaksanakan pada Agustus agar peserta yang ikut lebih semangat mengikuti lomba lari, dengan membawa pesan gelora Hari Kemerdekaan RI.

“Yuk kita sambut perayaan hari Kemerdekaan Indonesia dengan semangat berolahraga. Dengan adanya Ibukota Nusantara, sudah selayaknya masyarakat dari berbagai kalangan termasuk pelajar dan teman-teman disabilitas ikut menyemarakkan kegiatan ini. Kita tunjukkan pada dunia bahwa Kalimantan Timur siap menjadi pusat peradaban baru Indonesia,” ujar Hetifah.

Senada dengan Hetifah, Ketua Pelaksana Mahakam 10K, Siswanda H. Sumarto menyebutkan, di tepian Sungai Mahakam terdapat jalur lintasan yang sering dipakai warga untuk jalan-jalan santai dan olahraga. Jadi, lintasannya memang cocok untuk lomba lari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)