Material Longsor Belum Dibersihkan, Jalur Wisata ke Kawah Ijen Dialihkan

Rabu, 29 Juni 2022 - 05:16 WIB
loading...
Material Longsor Belum Dibersihkan, Jalur Wisata ke Kawah Ijen Dialihkan
Material longsor yang menutupi Jalan Raya Banyuwangi - Bondowoso belum juga berhasil dievakuasi seluruhnya. (Ist)
A A A
BANYUWANGI - Material longsor yang menutupi Jalan Raya Banyuwangi - Bondowoso belum juga berhasil dievakuasi seluruhnya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi mengaku perlu waktu tiga hari untuk membersihkan seluruh material lumpur di lokasi longsoran.

Kalaksa BPBD Banyuwangi Ilzam Nuzuli mengatakan, material longsoran yang tebal dan panjang membuat pihaknya kesulitan membersihkan secara menyeluruh. Pasalnya ada sekitar tinggi enam meter dan panjang 30 meter, material timbunan lumpur dan batang kayu yang menutup seluruh jalan raya yang menghubungkan dua kabupaten tersebut.

"Ini sudah ada penanganan dan Insyaallah dalam waktu tiga hari mendatang jalur sudah bisa dilalui lagi," kata Ilzam, Selasa (28/6/2022).

Proses pembersihan juga disebut Ilzam terkendala adanya cuaca buruk dan medan yang sulit, bahkan di hari pertama sempat terjadi longsor susulan. Namun di hari kedua evakuasi sepanjang Selasa ini cuaca mulai membaik dan proses pembersihan sudah bisa dilakukan.

Dalam proses pembersihan itu, sedikitnya ada 150 an petugas terdiri dari petugas BPBD, TNI Polri dan masyarakat yang dikerahkan.

"Sementara untuk sarana kita kerahkan tiga unit alat berat dari Dinas PU CKPP dan satu truk tangki air dari BPBD untuk penyemprotan material," ujarnya.

Baca: Kota Cimahi Waspadai Hewan Kurban dari Luar Daerah, 8 Check Point Disiapkan.

Pihaknya pun meminta masyarakat yang hendak bertolak ke Bondowoso maupun wisatawan yang hendak berwisata menuju TWA Kawah Ijen sementara untuk bersabar. Sebab jalur tersebut masih belum memungkinkan untuk dilalui.

"Jadi dari kemarin sudah banyak kendaraan yang harus di putar balik. Perkiraan kami tiga hari baru selesai dan masyarakat dimohon untuk bersabar," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan jalur Bondowoso - Banyuwangi mengalami longsor pada Senin pagi (27/6/2022) sekitar pukul 05.30 WIB. Akibatnya jalur yang juga mengarah ke Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen ini terputus di Erek - Erek, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga: Tak Ada yang Terpapar, Semua Calon Jamaah Haji Asal Cimahi Diberangkatkan.

Petugas terpaksa menutup seluruh akses karena material longsor yang menimbun cukup tinggi dan panjang. Tak hanya itu, cuaca yang masih terus hujan membuat proses evakuasi material longsoran belum dilakukan maksimal di hari pertama kemarin.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1982 seconds (11.210#12.26)