Tak Ada yang Terpapar, Semua Calon Jamaah Haji Asal Cimahi Diberangkatkan

Rabu, 29 Juni 2022 - 03:29 WIB
loading...
Tak Ada yang Terpapar, Semua Calon Jamaah Haji Asal Cimahi Diberangkatkan
Seluruh calon jamaah haji asal Kota Cimahi yang tergabung dalam kloter 33 Jawa Barat akhirnya semuanya telah diberangkatkan. (Ist)
A A A
CIMAHI - Seluruh calon jamaah haji asal Kota Cimahi yang tergabung dalam kloter 33 Jawa Barat akhirnya semuanya telah diberangkatkan. Sebelumnya sempat ada kekhawatiran karena pada pemeriksaan awal diketahui ada 16 calon jamaah yang terkonfirmasi COVID-19.

"Alhamdulilah pada Minggu (26/6/2022) semua calon jamaah haji asal Cimahi semua berangkat. Hasil pemeriksaan terakhir sudah tidak ada lagi yang positif, semua negatif," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Kota Cimahi, Ahmad Fikri Firdaus saat dikonfirmasi, Selasa (28/6/2022).

Menurutnya, seluruh calon jamaah haji Kota Cimahi diberangkatkan secara bersamaan yang dilepas dari Pusdikpom, Cimahi ke embarkasi haji. Kemudian pada Senin kemarin mereka terbang ke Tanah Suci dari Jakarta.

Total jemaah haji Kota Cimahi tahun 2022 mencapai 252 orang, namun ada yang meninggal satu orang. "Jadi di kloter 33 ini hanya 251 karena salah seorang calon jamaah meninggal dunia dan pihak keluarga tidak mengajukan penggantian," sambungnya.

Namun nantinya ada dari daftar tunggu yang mengisi slot tersebut sepasang suami istri dan akan diberangkatkan di kloter 41. Sehingga total calon jamaah haji dari Cimahi sebanyak 253 jamaah. Terbatasnya kuota itu karena memang pemerintah Arab Saudi masih melakukan pembatasan bagi jamaah haji.

Baca: Malang Gempar! Ada Orang Bunuh Diri Loncat ke Sungai Brantas.

Dirinya berharap seluruh jamaah haji dari Kota Cimahi diberi kesehatan dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci. Mereka tidak mengalami kendala atau kekurangan apapun saat berada di Arab Saudi, sehingga dapat kembali lagi ke Cimahi menjadi haji yang mabrur dan berkumpul dengan keluarganya.

"Semoga saja para jamaah haji bisa melaksanakan rukun haji dan segala kewajibannya dengan lancar dan diberi kesehatan, hingga tiba kembali di Cimahi," pungkasnya. Baca Juga: Koramil Gome Ditembaki, Prajurit TNI Balas Tembak KKB di Puncak Papua.

Sebelumnya sebanyak 16 calon jamaah haji asal Kota Cimahi diketahui positif COVID-19 setelah menjalani tes swab PCR pada Sabtu (11/6/2022) lalu. Mereka langsung menjalani isolasi mandiri di rumah karena tidak menderita gejala yang berat.

Kemudian pada Kamis (23/6/2022) dilakukan tes swab PCR kembali dan hasilnya semua jamaah negatif termasuk 16 jamaah yang awalnya sempat terpapar.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1809 seconds (10.55#12.26)