Gelar Khitanan Massal, Yayasan Hadji Kalla Targetkan 230 Anak Duafa

Minggu, 26 Juni 2022 - 13:03 WIB
loading...
Gelar Khitanan Massal, Yayasan Hadji Kalla Targetkan 230 Anak Duafa
Yayasan Hadji Kalla menggelar Khitanan Massal yang berlangsung di Masjid Raya Bukit Baruga tanggal 25 dan 26 November 2022. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Yayasan Hadji Kalla (YHK) melalui Bidang Kemanusiaan, Lingkungan dan Kesehatan bekerjasama dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Bukit Baruga menggelar Khitanan Massal .

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Raya Bukit Baruga tanggal 25 dan 26 November 2022 itu menargetkan 230 anak-anak duafa yang berada di sekitar Kota Makasar.

Sama seperti tahun-tahun sebelumya, Khitanan Massal YHK ini juga bekerja sama dengan Cranial Sehat Indonesia sebagai implementor yang beranggotakan dokter dan perawat profesional yang berpengalaman dalam sirkumsisi atau sunat.



Manager Bidang Kemanusiaan, Lingkungan & Kesehatan Yayasan Hadji Kalla , Sapril Akhmady menjelaskan, program khitanan ini menyasar warga yang tidak mampu. Apalagi banyak warga dari kalangan menengah ke bawah masih dalam kesulitan untuk kembali bangkit setelah terpaan pandemi.

“Kita berharap dengan adanya sunatan massal untuk duafa ini bisa meringankan beban biaya keluarga tidak mampu termasuk untuk urusan khitan,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan, program khitanan massal yang pertama di tahun 2022 ini menjadi berbeda dari sebelumnya karena YHK juga berkolaborasi dengan Balai Pembenihan Tanaman Hutan. Tujuannya ialah untuk menyediakan bibit pohon salam dan sirsak yang akan dibagikan kepada anak-anak peserta khitanan.

"Pesan pertama yang mau kita sampaikan adalah tentang siklus hidup yang sekarang sudah terlupakan, di mana dulu kita ada tradisi setiap ada perayaan terhadap sesuatu, maka akan ditandai dengan menanam pohon," ungkapnya.

"Proses khitanan ini adalah salah satu dari bagian siklus hidup anak-anak yang harus dirayakan dengan menanam pohon, hal ini yang mau kita ajarkan ke anak-anak kita agar bisa lebih menghargai lingkungan sejak dini," sambung Sapril.

Sementara itu, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Raya Baruga, Ilham Musa mengapresiasi kolaborasi bersama YHK yang bisa terbangun untuk program khitanan duafa ini. Pihaknya pun turut serta memberikan bantuan kepada peserta.

“DKM Masjid Raya Baruga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Yayasan Hadji Kalla karena bisa membangun kerjasama untuk program khitanan ini. Kami dari pihak DKM juga sudah menyiapkan uang santunan untuk anak-anak peserta. Harapan kami semoga lewat program ini, warga bisa semakin terbantu karena anak-anaknya bisa mendapatkan layanan khitan secara gratis,” jelasnya.



Salah satu orang tua dari peserta, Basri mengungkapkan, program dari YHK ini sudah lama ditunggu-tunggu. Ia pun bersyukur khitanan gratis ini bisa kembali digelar.

“Apalagi memang sekarang biaya sunat itu cukup mahal. Saya punya tiga orang anak, semuanya laki-laki. Alhamdulillah hari ini bisa ikut sunat gratis. Terima kasih banyak juga untuk Yayasan Hadji Kalla sudah rutin adakan program ini. Kami sebagai warga betul-betul sangat sangat terbantu,” ujarnya.

Program khitanan massal ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh YHK setiap tahunnya. Lewat program ini diharapkan bisa membantu masyarakat dari kalangan duafa untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan berupa khitan untuk anak-anaknya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1621 seconds (0.1#10.140)