Hari Bakti TNI AU ke-75, RSPAU dr. S Hardjolukito Gelar Bakti Sosial Kesehatan

Kamis, 23 Juni 2022 - 17:58 WIB
loading...
Hari Bakti TNI AU ke-75, RSPAU dr. S Hardjolukito Gelar Bakti Sosial Kesehatan
Aspers Kasau Marsekal Muda TNI Elianto Susetio, S.IP., M.Si., membuka acara Bakti Sosial Kesehatan dalam rangka peringatan ke-75 Hari Bakti TNI Angkatan Udara. (Ist)
A A A
YOGYAKARTA - Aspers Kasau Marsekal Muda TNI Elianto Susetio, S.IP., M.Si., membuka acara Bakti Sosial Kesehatan dalam rangka peringatan ke-75 Hari Bakti TNI Angkatan Udara, dengan tema “Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947 TNI AU Siap Mewujudkan Angkatan Udara Yang Disegani di Kawasan.”

Acara tersebut dilaksanakan di Gedung Siaga Bencana RSPAU dr. S Hardjolukito. Kamis (23/06/22).

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur AAU diwakili oleh Dirmin, Kadiskesau Marsma TNI dr. Swasono R, Sp.THT-KL., M.Kes, Danlanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Azhar Aditama Djojosugito, S.Sos., M.M., M.Han, Paban I Kolonel PNB Didik Kristyanto, S.E., M.SC., Ketua PIA Ardya Garini PIA AG Anak Ranting 001/05/3/GI RSPAU dr.S.Hardjolukito serta para pejabat RSPAU dan Forkopimda DIY.

Ada pun susunan acara pada kegiatan tersebut adalah pembukaan, sambutan Kepala RSPAU dr. S Hardjolukito, sambutan Aspers Kasau, dilanjutkan penyerahan secara simbolis sembako dan tali asih kepada para peserta baksos kesehatan, kemudian pembacaan doa, penutup, dan dilanjutkan peninjauan para pejabat ke spot kegiatan baksos Kesehatan (Gedung B & Dept. Mata).

Kegiatan bakti sosial yang meliputi pembagian sembako kepada masyarakat sebanyak 300 paket Sembako dan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan adalah operasi katarak, sunatan massal, donor darah, dan vaksinasi booster merupakan salah satu perwujudan dan kepedulian untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan dan kesehatan masyarakat DI Yogyakarta dan sekitarnya.

Ka RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan bakti sosial berupa pembagian sembako dan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat ini merupakan dalam rangka Peringatan ke-75 Hari Bhakti TNI Angkatan Udara tahun 2022, dan beliau mengucapkan selamat datang kepada Aspers Kasau, marsekal muda TNI Elianto Susetio, S.IP., M.Si. dan rombongan serta seluruh undangan di RSPAU dr. S Hardjolukito.

“Suatu kehormatan bagi kami dapat menyelenggarakan kegiatan bakti sosial kesehatan dalam rangka memperingati Hari Bakti TNI AU ke-75 tahun 2022. Serta mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para panitia dan instansi yang yang terlibat dalam kegiatan ini," ujar Ka RSPAU dr. S Hardjolukito, Marsekal Pertama TNI dr. Mukti Arja Berlian, Sp.PD., Sp.KP.

"Sumbangsih kegiatan bakti sosial ini secara nyata untuk kemanusiaan di bidang kesehatan dan pembagian sembako yang merupakan salah satu perwujudan kepedulian untuk meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat,” tambah dr. Mukti.

Senada dengan Ka RSPAU, Aspers Kasau Marsekal Muda TNI Elianto Susetio, S.I.P., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara ini diselenggarakan serentak di seluruh jajaran TNI AU.

"Dan salah satu kegiatannya adalah bakti sosial, yang merupakan salah satu perwujudan dan kepedulian untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan dan kualitas kesehatan masyarakat serta meringankan beban akibat dampak pandemi covid-19 terhadap perekonomian," kata Elianto.

Pelaksanaan bakti sosial Kesehatan Operasi katarak bertempat di ruang operasi Departemen Mata RSPAU dr. S Hardjolukito 178 orang, yang sebelumnya sudah melakukan skrining pre operasi pada tanggal 16 Juni 2022.

Baca: Mengharukan! Polisi Berhasil Pertemukan Kakek yang Terpisah 30 Tahun dengan Keluarganya.

Kemudian khitanan masal dilaksanakan di Gedung B RSPAU dan diikuti oleh 105 orang. Selanjutnya donor darah yang bekerjasama dengan PMI DIY, dimana keseluruhan peserta sebanyak 600 orang.

Seluruh kantong darah tersebut nantinya akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan, yang disalurkan melalui PMI DIY. Dan sebanyak 200 orang mendapatkan vaksinasi booster dilaksanakan di Gedung B RSPAU. Seluruh kegiatan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah dan berlangsung dengan lancar.

Baca Juga: Terdakwa Pengedar Sabu 35 Kg Lolos Hukuman Mati, Hanya Divonis 20 Tahun Penjara.

Semoga kegiatan baksos ini dapat memberi manfaat kepada seluruh masyarakat dan kepada prajurit RSPAU dr. S Hardjolukito dalam menumbuhkan semangat rasa solidaritas dan jiwa gotong royong bahwa TNI adalah bagian dari masyarakat. Humas RSPAU
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2207 seconds (11.252#12.26)