Kadis PUPR Luwu Gagas Sistem Monitoring Infrastruktur Guna Pantau Proyek Fisik

Kamis, 23 Juni 2022 - 09:52 WIB
loading...
Kadis PUPR Luwu Gagas Sistem Monitoring Infrastruktur Guna Pantau Proyek Fisik
Kadis PUPR Luwu memaparkan inovasi sistem monitoring infrastruktur untuk memantau proyek fisik di Kabupaten Luwu. Foto/Chaeruddin
A A A
BELOPA - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu, Ikhsan Asaad berhasil menciptakan terobosan yang bertujuan memantau sebuah program atau proyek fisik.

Terobosan tersebut berupa sistem yang berbasis aplikasi. Ikhsan memberikan nama "Real Time Infrastructure Development Monitoring". Aplikasi ini dipersentasikan di depan Bupati Luwu oleh Ikhsan Asaad.

Kata dia, hadirnya aplikasi tersebut sebagai rangkaian dari Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II atau lebih dikenal Latpim II yang diselenggarakan oleh Puslatbang LAN Makassar.



Para peserta diwajibkan untuk membuat sebuah aksi proyek perubahan berdasarkan ide kreatif dan inovasi yang dapat bertindak sebagai motor penggerak perubahan strategis di instansi masing-masing.

"Proyek perubahan ini berupa aplikasi yang diberi nama Real Time Infrastructure Development Monitoring, yang salah satu tujuannya adalah untuk memantau dan memastikan suatu pekerjaan telah sesuai dengan perencanaan atau tidak berdasarkan tupoksi dari Dinas PUPR," jelas Ikhsan.

Lahirnya aplikasi ini merupakan sebuah upaya transparansi dan pertanggungjawaban terhadap semua proyek-proyek infrastruktur yang ada di Dinas PUPR Luwu .

"Ada empat kelebihan dari aplikasi ini, yakni Efesiensi Sistem, Real Time Sistem, Monev Sistem dan Integrated Sistem. Integrated Sistem ini akan terus dikembangkan sehingga dapat terintegrasi dengan aplikasi SIRUP. Jadi nantinya semua kegiatan yang sudah terinput dapat dilihat melalui aplikasi ini," jelasnya.

Menanggapi pemaparan Kadis PUPR, Bupati Luwu , H Basmin Mattayang memberikan apresiasi dan berharap aplikasi ini kedepannya dapat terus dikembangkan dan bermanfaat bagi pemerintah daerah untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

"Ini sudah bagus, sudah terlihat kemajuan pola pikir Kadis PUPR dalam mengikuti diklat dan menjadi prestasi dalam dunia pendidikan. Kedepannya, aplikasi ini masih butuh pembenahan di beberapa item sehingga betul-betul memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengakses informasi tentang sebuah pekerjaan infrastruktur," tutur Basmin Mattayang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)