Pendapatan Bapenda Makassar Berangsur Pulih

Rabu, 24 Juni 2020 - 20:34 WIB
loading...
Pendapatan Bapenda Makassar Berangsur Pulih
Pendapatan Bapenda Makassar di tengah pandemi COVID-19 berangsur pulih. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Meski belum mencapai target, namun realisasi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar berangsur pulih. Kondisi itu seiring dengan beraktivitasnya sejumlah sektor usaha yang menjadi sumber pendapatan.

Kepala Bapenda Kota Makassar, Irwan Adnan mengakui, pendapatan 11 jenis pajak mengalami penurunan drastis selama pandemi COVID-19 . Bahkan mencapai Rp50 miliar per bulan. Hanya saja, pendapatan itu berangsur pulih dengan adanya pemulihan ekonomi.



Irwan memaparkan, realisasi pendapatan Bapenda pada Januari dan Februari mengalami over sekitar Rp20 miliar. Namun, akibat pandemi pendapatan itu perlahan turun. Bahkan, pada Mei lalu realisasinya turun sampai Rp50 miliar.

"Tapi bulan ini pendapatan itu mulai pulih. Sekarang turunya di angka Rp30 miliar dari sebelumnya Rp50 miliar. Ini karena ekonomi yang sudah kembali bergeliat," ungkap Irwan, Rabu (24/6/2020).

Menurut Irwan, kondisi ini tidak bisa terus didiamkan, sebab akan membuat perekonomian semakin anjlok. Sumber pendapatan pemerintah pun juga hilang akibat sektor usaha banyak yang tidak beroperasi.

"Harapan kita, ekonomi harus direcovery. Kita harus menyiasati kondisi ini. Kita tidak bisa berdiam diri, kalau kita diam terus tambah terpuruk kita," ucapnya.



Meski begitu dengan kondisi saat ini, Irwan memprediksi realisasi pendapatan pajak daerah hingga akhir tahun bisa turun sampai 40%. Oleh karena itu optimalisasi pendapatan pajak daerah terus digenjot.

"Hampir seluruh jenis pajak mengalami penurunan drastis. Awalnya kita berharap hanya sampai 30%, tapi kondisi semakin buruk sehingga penurunan ini bisa sampai diatas 40%," tutupnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)