25 Bangunan Rusak Akibat Abrasi Pantai Boulevard Amurang, Ini Penjelasan Peneliti BRIN

Sabtu, 18 Juni 2022 - 14:18 WIB
loading...
25 Bangunan Rusak Akibat Abrasi Pantai Boulevard Amurang, Ini Penjelasan Peneliti BRIN
Abrasi di Pantai Boulevard Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, menurut peneliti BRIN dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Foto/Dok.MPI/Subhan Sabu
A A A
MINAHASA SELATAN - Abrasi Pantai Boulevard Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, mengagetkan warga yang tinggal di sekitarnya. Abrasi ini mengakibatkan 25 bangunan rusak berat, termasuk fasilitas umum dan rumah warga.

Baca juga: 25 Bangunan Rusak akibat Abrasi Pantai Amurang, Warga Diminta Mengungsi

Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Widodo S. Pranowo menjelaskan, dugaan awal penyebab abrasi di Pantai Boulevard Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, karena sejumlah faktor.



Dalam keterangan tertulis, Widodo mengatakan, kondisi geografis Pantai Boulevard, Amurang, yang berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi, membuat teluk sehingga bisa menyebabkan refraksi gelombang laut ketika memasuki teluk.

Baca juga: Makassar Gempar! Beredar Video Wanita Dilucuti Bajunya dan Dipukuli Secara Brutal di Ranjang Hotel

"Refraksi adalah bergeraknya gelombang menuju pantai yang kemudian mengalami proses perubahan garis puncak gelombang. Kemudian gelombang tersebut berusaha bergerak sejajar dengan kontur garis pantai," ujar dia.

Faktor lainnya diduga karena pembangkit hidrodinamika arus penggerus Pantai Boulevard. Widodo menjelaskan ada dua gaya pembangkit arus yang datangnya dari arah berlawanan di depan mulut Teluk Amurang, yang kemudian masuk ke Teluk Amurang.

Arus akibat gaya pasang surut bergerak menuju ke arah timur-laut, sedangkan arus akibat angin dan gelombang laut bergerak menuju ke barat. "Kedua arus tersebut kemudian bergerak masuk ke Teluk Amurang menciptakan energi yang dahsyat menggerus pantai di dalam Teluk Amurang," kata dia.

Baca juga: Miris! Infrastruktur Jalan Buruk, Warga Tandu Seorang Ibu Sejauh 6 Km ke Rumah Sakit
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3436 seconds (10.101#12.26)