Gempa Tektonik M4,2 Getarkan Soroako Luwu Timur, Tidak Potensi Tsunami

Minggu, 12 Juni 2022 - 07:51 WIB
loading...
Gempa Tektonik M4,2 Getarkan Soroako Luwu Timur, Tidak Potensi Tsunami
Gempa bumi M4,2 guncang Luwu Timur namun tidak berpotensi tsunami.Foto/ilustrasi
A A A
LUWU TIMUR - Gempa bumi tektonik bermagnitudo 4,2 mengguncang wilayah Soroako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Minggu (12/6/2022). Gempa ini berpusat pada koordinat 2.39 LS - 121.35 BT atau tepatnya di darat, 15 km arah utara Soroako, Propinsi Sulawesi, kedalaman 7 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat. Tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Penampakan 70 Bangunan Rusak Akibat Gempa Mamuju Magnitudo 5,8

Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan II-III MMI di Malili dan Luwu. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

"Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," demikian ditulis website resmi BMKG

Masyarakat dihimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupuntidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tambahnya.
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1576 seconds (10.101#12.26)