Jadi Andalan Kebangkitan Ekonomi Nasional, UMKM Terus Digenjot

Kamis, 09 Juni 2022 - 21:44 WIB
loading...
Jadi Andalan Kebangkitan Ekonomi Nasional, UMKM Terus Digenjot
Indonesia Maju Expo & Forum: EVP Commercial dan SME BCA Freddy Iman (kiri) dalam gelaran Indonesia Maju Expo dan Forum pada beberapa waktu lalu. Foto ist
A A A
BOGOR - Pemerintah dan swasta terus menggairahkan sektor usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM ) lewat berbagai kegiatan. Hal itu dilakukan mengingat peran UMKM yang begitu vital dalam membangkitkan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19 .

Terbaru, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) menggelar kegiatan Indonesia Maju Expo dan Forum.



Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid (offline dan online). Kegiatan offline diadakan pada 26-29 Mei 2022. Sementara untuk kegiatan online diadakan pada Mei hingga Desember 2022.

BCA turut mengambil bagian dalam kegiatan ini. EVP Commercial dan SME BCA, Freddy Iman mengungkapkan, pihaknya terus mendorong kemajuan UMKM di Indonesia. Menurut Freddy, UMKM menjadi salah satu motor penggerak perekonomian di Indonesia.

"Maka dari itu, sebagai perbankan nasional kami pun senantiasa aktif memberikan solusi bagi pelaku UMKM. Kami memiliki solusi pembiayaan UMKM yang dapat dimanfaatkan oleh pengusaha yang berencana ingin mengembangkan bisnis,” ungkap Freddy dalam pernyataannya, Kamis (9/6/2022).

Pada kegiatan Indonesia Maju Expo & Forum ini ditampilkan sejumlah produk-produk unggulan dari dalam negeri yang memiliki nilai ekspor juga. Pada kegiatan yang mengusung tema 'Peran Lembaga Pemerintah, Perusahaan BUMN dan Swasta Nasional dalam Konektivitas Pembangunan Berkelanjutan' ini, juga dilaksanakan panel diskusi yang menghadirkan ahli baik dari perusahaan BUMN hingga swasta.

Kegiatan seperti ini, kata Freddy, merupakan bentuk dukungan pihaknya dalam pembangunan berkelanjutan (SDG’s) yang juga menjadi bagian dari Environtmental, Social and Governance (ESG).

"Ke depannya, kami pun akan turut aktif dalam kegiatan seperti ini untuk mendorong pertumbuhan bisnis UMKM agar bersinar di negeri sendiri," tambahnya.

Sejalan dengan program tersebut, lanjut Freddy, pihaknya telah mengembangkan program #BanggaLokal di akhir tahun 2020. Terbaru, telah digelar program Bangga Lokal: Fashioning The Future 2022 guna memajukan UMKM di bidang fashion pada bulan Maret 2022.

Program #BanggaLokal telah menghimpun ratusan merchant yang terdiri dari merchant kesehatan & kecantikan, fashion, makanan & minuman serta hobi & aktivitas. Karena memiliki tujuan yang sama, tahun 2022 akan menjadi program #BanggaLokal, #BanggaBuatanIndonesia," tutupnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)