Pemerintah Kota Parepare Gelar Mitigasi Bencana Daerah

Kamis, 09 Juni 2022 - 17:31 WIB
loading...
Pemerintah Kota Parepare Gelar Mitigasi Bencana Daerah
Pemkot Parepare menggelar mitigasi bencana. Foto: Sindonews/dok
A A A
PAREPARE - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Parepare , gelar Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana, sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat di wilayah bencana agar siap sedia mengantisipasi terjadinya bencana.

Pelatihan tersebut berlangsung selama 3 hari yang dibuka oleh Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Setdako Parepare, Eko Wahyu Ariyadi, di Hotel Kenari, Senin (6/6/2022) lalu.

Baca Juga: BKPSDMD Parepare Maksimalkan Layanan Kepegawaian

Eko menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut untuk membangun kesadaran masyarakat di wilayah bencana, agar siap sedia mengantisipasi terjadinya bencana di wilayahnya masing-masing .

"Masyarakat harus mengetahui secara persis hal-hal apa saja yang harus diakukan, atau mengenali situasi kondisi yang ada wilayahnya, yang berhubungan kebencanaan. Sehingga mereka siap, paham dan mengerti apa yang harus dilakukan," papar Eko.

Eko menambahkan, pelatihan ini, selain memberikan pemahaman kepada masyarakat juga masyarakat bisa siap dan mengerti tentang kondisi yang menyebabkan terjadi bencana, sehingga mereka siap apabila terjadi situasi dan kondisi kebencanaan diwilayah mereka.

"Sehingga, kesiapan warga masyarakat dalam menghadapi kebencanaan itu penting sekali. Untuk apa, untuk meminimalisir terjadinya korban manusia, dan meminimalisir terjadinya kerusakan atau kerugian harta benda," jelasnya.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Parepare , Nasrullah mengungkapkan, memilih lokasi di Salo Karajae untuk kegiatan simulasi bencana banjir, itu karena lokasi tersebut merupakan wilayah langganan banjir disetiap musim penghujan disertai pasang air laut.

"Kami berharap, dari Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana ini. Masyarakat lebih siap, paham dan mengerti apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana," tandasnya.

Baca Juga: DLH Parepare Bersihkan Drainase Cegah Banjir


(agn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1481 seconds (10.177#12.26)