Miris! Wanita Bawean Melahirkan di Kapal Gara-gara Tak Ada Dokter Kandungan

Selasa, 07 Juni 2022 - 22:59 WIB
loading...
Miris! Wanita Bawean Melahirkan di Kapal Gara-gara Tak Ada Dokter Kandungan
Bayi perempuan dilahirkan di Kapal Expres Bahari karena RSUD Umar Masud tidak memiliki dokter spesialis, Selasa (7/6/2022). Foto: Istimewa
A A A
GRESIK - Miris, seorang ibu warga Bawean lagi-lagi melahirkan di kapal dalam perjalanan ke Pelabuhan Gresik .

Ibu itu terpaksa melahirkan anaknya di kapal karena di RSUD Umar Masud Bawean tidak ada dokter spesialis kandungan.

Wanita itu bernama Novi Nur Amali. Usianya 22 tahun. Dia tinggal di Desa Sungairujing, Kecamatan Sangkapura, Bawean, Gresik, Jawa Timur. Dan melahirkan di atas Kapal Express Bahari.

Baca juga: Gresik Gempar! Heboh Pria Menikah dengan Kambing

Beruntungnya persalinan darurat itu berjalan lancar. Bayi mungil berjenis kelamin perempuan itu kondisinya sehat. Persalinan di atas kapal di tengah laut tersebut dibantu oleh dua bidan dari RSUD Umar Masud.



Informasi yang dihimpun, kejadian ibu melahirkan di atas kapal sebenarnya sering terjadi. Dari data RSUD Umar Masud, sejak Maret hingga Juni 2022 ini, sudah ada 20 pasien yang harus dirujuk ke Gresik. Mereka harus menumpang kapal dengan durasi 3,5 jam lebih.

Baca juga: Suami Gerebek Istri saat Asyik Ngamar dengan Berondong Selingkuhan di Malam Hari

Waktu tempuh perjalanan 3 jam itu bukanlah waktu sedikit, bagi pasien. Mereka yang kuat bisa melahirkan dengan aman di rumah sakit. Namun yang tidak beruntung harus rela melahirkan di atas kapal dengan tempat seadanya.

Direktur Utama RSUD Umar Masud dr Tony Hartanto mengatakan, pasien yang dirujuk ke Gresik mengalamai kandungan sungsang. “Jadi harus dirujuk karena tidak ada dokter spesialis kandungan,” katanya.
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1490 seconds (11.97#12.26)