Langka! Buah Pisang Ambon Tumbuh di Tengah Gedebong Gegerkan Majalengka

Senin, 06 Juni 2022 - 14:59 WIB
loading...
Langka! Buah Pisang Ambon Tumbuh di Tengah Gedebong Gegerkan Majalengka
Pohon pisang milik warga di Desa Bantarwaru, Ligung, Majalengka tumbuh buah tidak seperti pada umumnya. Buah pisang jenis Ambon itu muncul dari bagian batang pohon. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Pemandangan langka kembali terjadi di Majalengka, Jawa Barat. Pohon pisang milik warga di Desa Bantarwaru, Kecamatan Ligung tumbuh buah tidak seperti pada umumnya.

Jika biasanya tandan pisang akan tumbuh di bagian pucuk batang, maka tidak demikian dengan halnya dengan pohon pisang di desa itu. Buah pisang jenis Ambon di Desa Bantarwaru itu muncul dari bagian batang pohon.



Secara ukuran, buah pisang tak lazim itu memiliki perbedaan dengan pisan pada umumnya. Tandan pisang tersebut, relatif lebih pendek dibanding pisang yang muncul di bagian ujung pohon.

"Jumlah sedikit, ada tiga sisir. Karena tandannya juga kan pendek, nggak kaya pisang yang muncul di bagian ujung," kata Abes, warga setempat yang pertama kali menemukan pisang tak lazim itu.

Selain jumlah sisirnya yang sedikit, fisik dari buah pisang juga terlihat berbeda dengan pada umumnya. Terlihat bintik-bintik hitam pada bagian buah tersebut.

"Jantungnya juga kaya kerdil gitu. Nggak tau, nanti bakal bisa matang nggak," jelas dia.



Sementara, bagian atas pohon pisang yang berbuah tak lazim itu, terlihat sudah sedikit layu. Bahkan, sudah tidak ada lagi daun di bagian ujung pohon pisang tersebut.



"Mungkin penyebabnya itu. Bagian bawahnya masih bagus, tapi atasnya sudah layu. Sementara sudah ada calon jantung. Jadi, buahnya keluar dari bagian batang," jelas Abes.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2440 seconds (0.1#10.140)