5 Hektare Kebun Sawit di Rohul Terbakar, Pemadaman Kerahkan Helikopter

Minggu, 05 Juni 2022 - 07:20 WIB
loading...
5 Hektare Kebun Sawit di Rohul Terbakar, Pemadaman Kerahkan Helikopter
Kebakaran hutan dan lahan terjadi di kilometer 36 Desa Pauh Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau
A A A
RIAU - Kebakaran hutan dan lahan terjadi di kilometer 36 Desa Pauh Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Daerah yang terbakar merupakan kebun kelapa sawit.

Lokasi yang terbakar merupakan areal bergambut yang sulit untuk dipadamkan. Untukm pemadaman di kebun sawit, tim gabungan dari TNI POLRI, Manggala Agni, BPBD Rohul diterjunkan.

Baca juga: Pembunuhan Sadis Gemparkan Riau, Penjaga Kebun Tewas Ditembak Kawanan Pencuri Sawit

"Lahan yang terbakar merupakan daerah gambut. Ketebalan gambutnya lebih kurang 50 centimeter," ungkap Babinsa Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR Serma BK. Tumanggor, Sabtu (4/6/2022).

Dia menjelaskan kebakaran di lahan gambut tersebut sudah berjalan selama lima hari. Upaya pemadaman dan pendinginan terus dilakukan oleh tim gabungan.

Selain tim darat, pemadaman dilakukan melalui udara. Satu unit helikopter dikerahkan untuk melakukan pemadaman dari udara. helikopter ini melakukan operasi water bombing.

"Saat ini petugas gabungan masih terus berupaya melakukan pemadaman api di lahan gambut dan pendinginan agar api tidak muncul. Satu unit helikopter water bombing juga di diterjunkan.

Lamanya pemadaman disebabkan kondisi cuacar dan medan yang sulit Minimnya air juga menjadi kendala. "Kendala yang kami hadapi di lapangan adalah air cukup sulit dicari dan cuaca sangat ekstrim. Lahan warga yang terbakar diperkirakan sudah mencapai lima hektar," tukas anggota TNI AD ini.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)