Pemkab Luwu Timur Gaet Sejumlah Perusahaan Pasarkan Produk Pertanian

Jum'at, 03 Juni 2022 - 20:07 WIB
loading...
Pemkab Luwu Timur Gaet Sejumlah Perusahaan Pasarkan Produk Pertanian
Pemkab Luwu Timur ambil bagian dalam kegiatan Nasional Business Matching Celebes Legendary Spices yang diselenggarakan di Hotel Ayana Midplaza, Sudirman Jakarta Pusat, Kamis (2/6/2022). Foto: Humas Pemkab Luwu Timur
A A A
LUWU TIMUR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur turut ambil bagian dalam kegiatan Nasional Business Matching "Celebes Legendary Spices" di Hotel Ayana Midplaza, Sudirman Jakarta Pusat, Kamis (2/6/2022).

Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka mendukung UMKM dan petani rempah-rempah, khusus pala, lada, cengkeh di Sinjai, Bulukumba, Enrekang, Bone, Luwu dan Luwu Timur (Sulsel) dan Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan dan Pulau Siau (Sulawesi Utara).

Baca juga:Kantor Dinas PU Luwu Timur Kebakaran, Diduga Akibat Puntung Rokok

Kegiatan tersebut diselenggarakan National Support for Local Investmen Climate (NSLIC)/National Support For Enhancing Local and Regional Economic Development (NSELRED).

Pada kegiatan ini, acara dibagi dalam dua kategori, yaitu: International Online Business Matching, bertujuan untuk menghubungkan UKM rempah-rempah dan petani dengan calon pembeli dari Kanada, UEA, Dubai, Mesir, India, Jerman, Amerika Utara, Belanda; Expo pertemuan bisnis nasional/domestik untuk menghubungkan pembeli potensial dalam negeri dengan petani dan UMKM rempah-rempah lokal dari Sulawesi Utara dan Sulsel.

Pemkab Luwu Timur hadir dengan membawa komoditas lada sebagai salah satu hasil perkebunan unggulan daerah. Acara dibuka langsung Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, dihadiri Presiden Direktur, PT Sarinah, Fetty Kwartati, Duta Besar Canada untuk Indonesia, Mark Strasser, Project Director NSLIC, Peter Walton.

Dalam acara ini, Pemkab Luwu Timur diwakili Kabidbun Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan, Muhtar, Sekdin Dagkoperin-UKM, Andi Polewija, dan Dinas PMPTSP, Amiruddin hadir mewakili Pemda Luwu Timur bersama Asnan (Wakil Sekretaris MPIG Lada Luwu Timur), Kepala Desa Bantilang, Kepala Desa Timampu, dan Abdul Munir (eksportir/pelaku usaha lada Luwu Timur).

Baca juga:Ribuan Pedagang di Luwu Timur Dapat Bantuan Pangan Tunai

Kabidbun Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan, Muhtar mengatakan, pada pertemuan ini dilakukan penandatanganan MoUantara Pemkab Luwu Timur dengan beberapa buyer & invesment produk rempah Indonesia.

"Di antaranya PT Nusa Berdaya Indonesia, PT Boymaxwell Indojaya Group, Desa Ekspor Indonesia Cooperative, PT Elevenia Sinergi Prima Nusantara dan UKM mendunia foundation. Adapun tujuan MoU adalah untuk peningkatan akses pasar lada dan produk unggulan lainnya di Kabupaten Luwu Timur," tandas Muhtar.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1427 seconds (10.177#12.26)