MUI Jabar dan Keluarga Besar Ridwan Kamil Gelar Shalat Gaib untuk Emmeril Kahn Mumtadz

Jum'at, 03 Juni 2022 - 05:49 WIB
loading...
MUI Jabar dan Keluarga Besar Ridwan Kamil Gelar Shalat Gaib untuk Emmeril Kahn Mumtadz
Ketua MUI Jabar, Rachmat Syafei saat memberikan keterangan seusai shalat gaib untuk Emmeril Kahn Mumtadz, Kamis malam (2/6/2022). Foto: SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Jajaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat dan keluarga besar Gubernur Jabar, Ridwan Kamil telah menggelar shalat gaib perdana untuk Emmeril Kahn Mumtadz .

Shalat gaib digelar secara tertutup di Kantor MUI Jabar, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (2/6/2022) malam. Selain jajaran MUI Jabar dan keluarga besar, hadir pula sejumlah ulama.

Shalat gaib digelar setelah MUI Jabar mendapatkan kesepakatan dari pihak keluarga, termasuk kesepakatan dari Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia Praratya.



Shalat gaib juga digelar berdasarkan perhitungan pihak keluarga dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Swiss yang telah meyakini Emmeril telah meninggal dunia. Sebab, setelah delapan hari pencarian, Emmeril tak kunjung ditemukan.



"Keluarga meminta ingin ketemu (berkonsultasi, kami harus bagaimana secara syariat? Saya katakan, kalau sudah yakin, kewajiban itu adalah menyalatkan. Walaupun tidak melihat jenazahnya adalah wajib menyalatkan," kata Ketua MUI Jabar, KH Rachmat Syafei menjelaskan dasar syariat pelaksanaan shalat gaib tersebut.

Menurut Rachmat, shalat gaib dilaksanakan berdasarkan pertimbangan terbuka terkait data dan situasi terakhir proses pencarian Emmeril. Hal itu juga diperkuat dengan keterangan dari pihak yang berwenang, dalam hal ini KBRI Swiss yang mengacu pada keterangan pihak kepolisian setempat.



"Karena ketentuan agama, kalau meyakini sudah meninggal dunia, diduga keras, maka wajib dishalatkan. Maka saya tadi mengajak langsung (shalat gaib) karena sudah ada informasi dari pihak yang berwenang, dari Swiss. Kemudian keyakinan berdasarkan syariat, langkah-langkahnya sudah dikaji. Ini kita yakin meninggal dunia berdasarkan medis dan akal yang logis," katanya.

Meski telah menggelar shalat gaib, namun Rachmat menegaskan bahwa pihaknya tidak mempersoalkan kelanjutan proses pencarian Emmeril Kahn Mumtadz

Diketahui, hingga hari kedelapan proses pencarian yang dilakukan Tim SAR setempat, Emmeril yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss tak kunjung ditemukan.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia Praratya serta adik Emmeril, Cammilia Laetitia Azzahra pun dijadwalkan pulang ke Tanah Air besok.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)