Mi Daun Kelor Buatan Santri Bermanfaat Untuk Kesehatan

Selasa, 23 Juni 2020 - 13:18 WIB
loading...
Mi Daun Kelor Buatan Santri Bermanfaat Untuk Kesehatan
Santri di Lamongan, Jawa Timur, berhasil membuat mi dari bahan daun kelor. Foto/iNewsTV/Abdul Wakhid
A A A
LAMONGAN - Daun kelor selama ini dikenal sebagai daun yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan dan kebanyakan dikonsumsi dalam bentuk sayuran.

Santri di Lamongan, Jawa Timur mengolah daun kelor menjadi bahan makanan berupa mi yang gurih dan bergizi tinggi. (Baca juga: Mengungkap Masa Kecil Gajahmada Melalui Situs Sitinggil Lamongan )

Pohon kelor yang banyak tumbuh subur di sekitar pekarangan rumah, bisa dimanfaatkan menjadi bahan dasar pembuatan mi yang banyak mengandung manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan literatur, daun kelor memiliki kandungan vitamin, gizi dan zat anti oksidan.

Fakta inilah yang kemudian dikembangkan tiga santri SMK Bustanul Hikmah kecamatan Kembangbahu kabupaten Lamongan Jawa Timur jurusan tata boga. Ketiga santri tersebut antara lain Ninda Nur Safira, Aini Nurul Hidayah,dan Siti Maisyaroh.

Proses pembuatan mi cukup sederhana. Awalnya daun kelor segar yang baru dipetik langsung dicuci bersih untuk selanjutnya dihaluskan mengunakan blender. Setelah itu dicampur dengan adonan tepung dan telur serta garam secukupnya hingga adonan mengental.

Setelah mengental, adonan kemudian digiling menjadi mi, mi yang sudah jadi kemudian dimasak di dalam air yang sudah mendidik selama 5 menit. Selanjutnya, mi bahan daun kelor pun siap untuk disantap.

Menurut Seorang santri, Ninda Nur Safira, ide awal pembuatan mi bahan daun kelor ini berawal dari banyaknya pohon kelor yang tumbuh subur disekitar pondok yang hanya digunakan sayuran saja. Sehingga muncul ide mencoba menganti bahan mi dengan bahan yang lebih sehat dan alami, terciptalah mi daun kelor ini.

“Selama ini masyarakat sekitar sini hanya menjadikan daun kelor sebagai sayuran saja. Jadi kami berinisiatif untuk membuat daun kelor ini sebagai bahan mi,” kata Ninda.

Mi kelor ini rasanya enak, gurih tidak terasa kelornya. seperti mi instan di pasaran. Namun istimewanya, mi ini kaya akan kandungan vitamin dan gizi yang sangat diperlukan bagi Kesehatan tubuh.

Guru pembimbing para santri, Mega, mengatakan, dari temuan ini pihaknya telah mematenkan prodok mi kelor sebagai karya santri pondok SMK Bustanul Hikmah. “Tidak hanya mi daun kelor saja yang dibuat, rencananya dalam waktu dekat ini pihak pondok akan membuat bakso tahu dan somay dari bahan daun kelor yang sangat baik dikosumsi saat pandemi seperti saat ini,” kata dia.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5275 seconds (0.1#10.140)