Terdengar Ledakan di Bengkel, Api Membesar Picu Kebakaran Bikin Warga di Malang Panik

Minggu, 29 Mei 2022 - 21:20 WIB
loading...
Terdengar Ledakan di Bengkel, Api Membesar Picu Kebakaran Bikin Warga di Malang Panik
Warga mendadak panik saat mendengar ledakan di bengkel, yang memicu membesar api yang menghanguskan bengkel dan rumah toko. Foto: MPI/Avirista Midada
A A A
MALANG - Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk di Kota Malang . Kebakaran terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, Minggu sore (29/5/2022). Peristiwa itu mendadak membuat panik warga sekitar.

Beruntung, meski di tengah permukiman padat, namun api hanya menghanguskan bengkel dan sebuah toko pakaian, sedangkan satu bangunan rumah dan satu bangunan rumah toko di Jalan Kenanga Indah RT 5 RW 6 Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang ikut terdampak kendati tak sampai hangus.



Pantauan MNC Portal di lokasi kejadian, petugas masih berjibaku memadamkan api di bangunan bengkel milik Lukman. Terlihat pukul 19.21 WIB petugas pemadam kebakaran masih berupaya melakukan pendinginan ke bengkel.

Banyaknya bangunan yang mudah terbakar membuat petugas kesulitan memadamkan api. Belum lagi akses air yang sulit menjadikan petugas pemadam kebakaran harus mencari sumber air untuk memadamkan api.



Posisi jalan yang menjadi lokasi kebakaran sempit juga menjadi faktor hambatan petugas memadamkan api. Guna memudahkan pemadaman api, warga menutup akses jalan raya ke permukiman padat penduduk di Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang ini.

Saksi mata Luluk Puspitasari menuturkan, api mulai membakar bengkel sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu, sang pemilik bengkel sepeda motor tengah pulang ke rumahnya. Sedangkan di dalam bengkel pengakuan pemiliknya diduga tengah mengisi aki sepeda motor.



“Tadi ngisi aki motor di bengkelnya Pak Lukman tapi sama beliau ditinggal pulang. Pengakuannya begitu," ucap Luluk.

Luluk juga menyebutkan, ada beberapa ledakan dari dalam bengkel sepeda motor bernama Luxman Motor yang berada di Jalan Kenanga Indah Nomor 9, Kelurahan Jatimulyo. Setiap ledakan yang terjadi api membesar terus menerus hingga menyebabkan bangunan bengkel dan toko pakaian ludes terbakar.

"Posisinya (bengkel sepeda motor) terkunci, orangnya pulang ke bawah. Tadi saya tahunya lihat asap dari dalam bengkel terus teriak teriak, sama warga akhirnya dipanggilkan yang punya bengkel," ungkapnya.

"Ada ledakan berkali-kali, setiap ledakan dari dalam itu apinya membesar. Tinggi - tingginya saat menjelang maghriban, jadi setelah asap hitam langsung keluar api tinggi, terus ledakan berkali-kali dari dalam bengkel," imbuhnya.



Akibat kejadian itu, Luluk mengaku beberapa bagian rumah di lantai dua ikut terdampak. Diduga panasnya api menyebabkan genteng dan kayu di lantai rumahnya rusak. Namun dipastikan tidak ada kerusakan parah dan ludes dari kebakaran ini.

"Genteng dan kayu di rumahnya juga ikut rusak, karena panasnya api. Tapi nggak sampai kebakar cuma kena efeknya api," tuturnya.

Sementara itu, Lukman, korban sekaligus pemilik bengkel mengaku saat kejadian memang ditinggal pulang posisi bengkel terkunci. Saat kejadian ada lima sepeda motor yang tengah berada di dalam bengkel.

"Tadi ngecas aki tapi tidak dinonaktifkan, perkiraan kerugian bangunannya saja Rp150 juta, belum kendaraan di dalamnya total sekitar Rp250 juta lebih. Di dalam ada sepeda motor lima, dua punya saya, tiga sepeda motor punya orang," pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8098 seconds (0.1#10.140)