alexametrics

Perhutani dan Polres Karanganyar Tanam Pohon di Gunung Lawu

loading...
Perhutani dan Polres Karanganyar Tanam Pohon di Gunung Lawu
Kegiatan tanam pohon di kawasan Gunung Lawu, digelar Perum Perhutani KPH Surakarta, bersama Polres Karanganyar. Foto/Ist.
A+ A-
KARANGANYAR - Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta, bersama Polres Karanganyar mengadakan penanaman bersama di kawasan Gunung Lawu, dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara.

(Baca juga: Polisi Datangi Keluarga Pelaku Penyerangan Wakapolres Karanganyar)

Tanam pohon dilakukan di Resort Pangkuan Hutan (RPH) Tambak, petak 13 Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara, Minggu (21/6/2020).

Administratur Muda/KKPH Perum Perhutani KPH Surakarta Sugi Purwanta mengatakan, tujuan diadakan kegiatan ini selain memperingati hari Bhayangkara, juga dalam rangka memberi edukasi kepada masyarakat cara menanam yang baik.



"Dalam peringatan Hari Bhayangkara tahun ini, Perhutani mendukung dengan menyiapkan bibit berupa tanaman buah dan tanaman lainnya," kata Sugi Purwanta dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/6/2020).

(Baca juga: Kedapatan Tak Pakai Masker, Langsung Dihukum Joget di Jalan)



Selain itu, lanjutnya, juga mendorong generasi muda ikut aktif dalam kegiatan menanam untuk kelestarian hutan dan lingkungan dari bahaya tanah longsor dan kebakaran. Para relawan juga banyak yang membawa bibit untuk mendukung kegiatan ini di jalur pendakian.

Perum Perhutani KPH Surakarta bersama Polres Karanganyar, juga menggelar kegiatan Apel Gelar Susur Gunung Lawu Tahun 2020 di lapangan desa Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.

Tujuannya dalam rangka mempersiapkan penerapan normal baru yang dilakukan oleh pemerintah. Langkah susur gunung dibagi menjadi tiga pintu pendakian. Yakni dari Kecamatan Jenawi, Kecamatan Ngargoyoso, dan Cemoro Kandang, Tawangmangu. Persiapan ketiga jalur pendakian karena sudah lama ditutup semenjak terjadinya pandemi wabah COVID-19.

(Baca juga: Mesum di Rumah Kos, 3 Pasangan Kumpul Kebo Digrebek Satpol PP)

Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi menyampaikan harapannya dengan penanaman bibit buah, ke depan dapat berkontribusi pada hewan yang ada di hutan dan gunung. Sehingga hewan tidak kelaparan yang dampaknya dapat masuk ke perkampungan warga.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono berharap masyarakat, relawan dan wisatawan bersama pemerintah memelihara tempat wisata, termasuk wisata Gunung Lawu. Sehingga kelestarian lingkungan hidup dapat terus terjaga.
(eyt)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak