KN SAR Kamajaya Dikerahkan Cari Korban Kapal Tenggelam di Selat Makassar

Sabtu, 28 Mei 2022 - 13:40 WIB
loading...
KN SAR Kamajaya Dikerahkan Cari Korban Kapal Tenggelam di Selat Makassar
Basarnas Sulsel mengerahkan Kapal Negara (KN) SAR Kamajaya untuk melakukan pencarian korban tenggelamnya Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi di Selat Makassar. Foto/Dok Basarnas
A A A
MAKASSAR - Basarnas Sulsel mengerahkan Kapal Negara (KN) SAR Kamajaya untuk melakukan pencarian korban tenggelamnya Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi di Selat Makassar. Sejauh ini, sebanyak 17 dari total puluhan penumpang kapal tersebut berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.

Operasi pencarian korban tenggelamnya KM Ladang Pertiwi dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Djunaidi. Tim Basarnas diketahui berangkat melakukan operasi SAR pada Sabtu (28/5/2022).



KM Ladang Pertiwi dipastikan tenggelamdi Selat Makassar. Kapal ini diketahui bertolak dari Pelabuhan Paotere, Kota Makassar, menuju Pulau Kalmas, Kabupaten Pangkajene pada Rabu (25/5/2022) lalu.

KM Ladang Pertiwi dilaporkan hilang kontak sejak Kamis (26/5/2022). Adapun penumpang kapal mulai ditemukan sejak Jumat 27/5/2022).

"Iya sudah (dipastikan) tenggelam. Semua penumpang itu ada 43 orang bukan 60 orang. Sekarang (Sabtu pagi) sudah ditemukan 17 penumpang dalam keadaan selamat," kata Djunaidi.

Ia juga mengungkapkan lokasi dan penyebab kapal tersebut tenggelam. Adapun soal penyebab tenggelamnya KM Ladang Pertiwi disinyalir karena kehabisan bahan bakar, ditambah cuaca yang cukup ekstrem belakangan ini.



"Lokasi tenggelamnya di Selat Makassar, tapi titik pastinya belum diketahui, sementara penyebab kapal tenggelam karena kehabisan bahan bakar," ungkap dia.

Diketahui kapal tersebut berwarna putih abu-abu dan memiliki empat tiang. Jarak tempuh antara titik awal bertolak kapal yakni Pelabuhan Paotere Makassar ke Pulau Kalmas Pangkep yakni 20 jam.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2606 seconds (0.1#10.140)