KM Ladang Pertiwi Tenggelam di Selat Makassar, Ini Dugaan Penyebabnya

Sabtu, 28 Mei 2022 - 13:04 WIB
loading...
KM Ladang Pertiwi Tenggelam di Selat Makassar, Ini Dugaan Penyebabnya
Ilustrasi kapal tenggelam
A A A
MAKASSAR - Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi dilaporkan tenggelam di Selat Makassar. Kapal ini diketahui bertolak dari Pelabuhan Paotere, Kota Makassar, menuju Pulau Kalmas, Kabupaten Pangkajene pada Rabu (25/5/2022) lalu.

Kepala Kantor Basarnas Sulsel , Djunaidi, menjelaskan KM Ladang Pertiwi hilang kontak sejak Kamis (26/5/2022) dan ditemukan pada Jumat (27/5/2022). Kapal yang mengangkut puluhan penumpang itu dipastikan karam.

Baca Juga: Basarnas Makassar Hentikan Pencarian 10 ABK Imanuel WGSR 3

"Iya sudah dipastikan tenggelam ,” kata Djunaidi singkat saat dikonfirmasi SINDOnews, Sabtu (28/5/2022) pagi.

Sejauh ini, ia mengabarkan sudah ada 17 penumpang yang berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Adapun sisanya masih dalam pencarian.

"Semua penumpang itu ada 43 orang, bukan 60 orang. Sekarang pagi tadi sudah ditemukan 17 penumpang dalam keadaan selamat," ungkap dia.

Djunaidi juga mengungkapkan kapal berwarna putih abu-abu tersebut menempuh jarak 20 jam antara titik awal bertolak kapal yakni dari Pelabuhan Paotere Makassar ke tujuannya Pulau Kalmas.

Baca Juga: Basarnas Makassar Utus KN SAR Kamajaya Bantu Pencarian KRI Nanggala

Adapun soal penyebab tenggelamnya KM Ladang Pertiwi disinyalir karena kehabisan bahan bakar, ditambah cuaca yang cukup ekstrem belakangan ini.

"Lokasi tenggelamnya di Selat Makassar, tapi titik pastinya belum diketahui. Sementara penyebab kapal tenggelam karena kehabisan bahan bakar," ungkap dia.
(tri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2235 seconds (10.55#12.26)