Jenazah Buya Syafii Maarif akan Dilepas Presiden Jokowi

Jum'at, 27 Mei 2022 - 14:26 WIB
loading...
Jenazah Buya Syafii Maarif akan Dilepas Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo. Foto: Istimewa/SINDOnews
A A A
JOGJAKARTA - Jenazah mantan Ketua PP Muhammadiyah, Prof Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii akan dimakamkan, di Pemakaman Muhammadiyah, Dusun Donomulyo, Nanggulan, Kulonprogo.

Jenazah sekarang berada di masjid Gede Kauman, Jogjakarta dan akan dilepas ke pemakaman setelah Ashar, pukul 15.00 WIB.

Dari infotmasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nahsir akan melepas Buya ke peristirahatan terakhir.



Presiden akan melepas jenazah Buya Syafii mewakili Negara, dan Prof Haedar Nashir melepas mewakili Muhammadiyah dan keluarga.

“Presiden diperkiraan tiba di Masjid Gedhe Kuaman, pukul 14.30 WIB,” kata staf Humas Muhammadiyah, Adam, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/5/2022).

Sebelumnya diberitakan, Ahmad Syafii Maarif (87) meninggal dunia, di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, pukul 10.15 WIB.

Baca: Sebelum Buya Syafii Maarif Meninggal, Jokowi Sempat Kirim Dokter Kepresidenan

Belaiu dirawat sejak 14 Mei 2022, karena mengalami sesak nafas dan ditangani tim dokter jantung, dari internal RS PKU Muhammadiyah Gamping dan Jogjakarta, serta dari tim dokter jantung kepresidenan.

Buya sendiri kondisinya sempat membaik. Bahkan, sudah diperbolehkan pulang. Namun, pada Jumat pagi mengalami cardiac arrest (henti jantung), sebanyak dua kali, Pukul 07.30 WIB dan pukul 09.30 WIB.

Meski sudah dilakukan tindakan resusitasi jantung dan paru (RJP) di ruang ICCU, nyawanya tidak bisa tertolong. Buya Syafii Maarif dinyatakan meninggal dunia, pukul 10.15 WIB.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)