Ada Bayi di Perut Bangkai Gajah yang Mati Berlumuran Darah, BBKSDA Riau: Sebentar Lagi Melahirkan

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:45 WIB
loading...
Ada Bayi di Perut Bangkai Gajah yang Mati Berlumuran Darah, BBKSDA Riau: Sebentar Lagi Melahirkan
Tim mengeluarkan bayi gajah dari perut induknya. Namun sayang, bayi gajah itu juga mati.(Ist)
A A A
PEKANBARU - Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dan dokter hewan meninjau lokasi penemuan gajah yang mati berlumuran darah di Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis. Dari hasil penelusuran diketahui kalau gajah yang mati itu dalam kondisi mengandung.

Tim pun melakukan pembedahan terhadap bangkai gajah tersebut. Tim mengeluarkan bayi gajah dari perut induknya. Namun sayang, bayi gajah itu juga mati.

"Bayi gajahnya juga mati bersama induknya. Sebentar lagi seharusnya gajah tersebut melahirkan," kata Plh BBKSDA Riau Hartono, Kamis (26/5/2022).

Gajah tersebut ditemukan mati di tepi jalan perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) Km 48 Dusun Kayu Api, Desa Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau. Gajah betina itu diperkirakan berusia 25 tahun.

Dari hasil nekropsi (otopsi) ditemukan adanya darah di bagian anus dan mulut gajah. Apakah gajah tersebut mati akibat diracun masih dalam pengusutan.

Baca: Miris, Gajah Sumatera Ditemukan Mati dengan Kondisi Mulut Mengeluarkan Darah.

Penyebab kematian Gajah Sumatera belum dapat dipastikan, akan tetapi dari mulut dan anusnya keluar darah. Saat dilakukan nekropsi, diketahui bahwa gajah dalam kondisi mengandung dan akan segera melahirkan anaknya.

"Tim mengambil sample hati, dinding usus, paru, dan kotoran Gajah tersebut untuk dilakukan uji laboratorium," kata Plt. Kepala Balai Besar KSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara. Baca Juga: Diduga Rem Blong, Truk Fuso Tabrak Rumah Warga di Pematangsiantar.

Setelah selesai dilakukan nekropsi, bangkai gajah betina dan anaknya dikubur." Dengan bantuan alat berat, tim menguburkan bangkai gajah di lokasi," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)