Kapal Wisata Kandas, 2 WNA Prancis Diselamatkan di Perairan Pulau Medang Sumbawa

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:28 WIB
loading...
Kapal Wisata Kandas, 2 WNA Prancis Diselamatkan di Perairan Pulau Medang Sumbawa
Dua warga Prancis selamat dari musibah kapal kandas di sekitar perairan Pulau Medang Kabupaten Sumbawa, Kamis (26/5/2022). Foto/MPI/Edy Gustan
A A A
SUMBAWA - Kapal wisata yang ditumpangi dua Warga Negara Asing (WNA) asal Prancis, kandas di perairan Pulau Medan, Kabupaten Sumbawa, NTB, Kamis (26/5/2022). Kedua WNA itu diketahui bernama Philips (68) dan Niko (31).



Kepala Kantor SAR Mataram, Nanang Sigit PH mengatakan, pihaknya menerima laporan dari salah satu penumpang kapal pada pukul 03.00 WITA. Personel Pos SAR Sumbawa, diterjunkan dengan menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB), untuk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan dengan dibantu potensi SAR sekitar.



Selain dua warga asing itu, pihaknya juga mengevakuasi dua penumpang lainnya yakni Haris (31) dan Kesyono (48). Sementara Hanafi (35) selaku nahkoda kapal, dan Hasanudin (32) anak buah kapal bertahan di atas kapal. "Peristiwanya sekitar pukul 02.30 WITA. Kami sudah evakuasi dan semua selamat," ujar Nanang.



Dikatakan Nanang, kapal tersebut merupakan kapal wisata dengan nama "Ikan Terbang", dan saat kejadian mengalami permasalahan pada bagian mesin. Posisi kapal miring akibat kandas di selatan Pulau Medang. "Pukul 07.00 WITA, seluruh penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat ke Pelabuhan Badas," ungkapnya.

Sementara nakhoda dan anak buah kapal masih berada di atas kapal tersebut. Hal ini berdasarkan permintaan yang bersangkutan, menunggu bantuan tiba untuk penarikan kapal.



Menurut keterangan dari Hanafi, kapalnya mengalami permasalahan pada mesin saat berlayar dari Lombok menuju Labuhan Bajo, NTT. Untuk keamanan, ia berusaha mengkandaskannya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4095 seconds (0.1#10.140)