Ziarah ke Makam Dr Soetomo, Khofifah Ingatkan Cita-cita Besar Budi Utomo

Sabtu, 21 Mei 2022 - 07:02 WIB
loading...
Ziarah ke Makam Dr Soetomo, Khofifah Ingatkan Cita-cita Besar Budi Utomo
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawaansa saat berziarah ke makam Dr Soetomo, di area Gedung Nasional Indonesia (GNI) Surabaya. Foto SINDOnews
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengingatkan warga Jatim khususnya para millenial untuk mempedomani tiga cita-cita besar sebagai semangat kebangkitan bangsa yang diusung oleh Perkumpulan Budi Utomo. Pesan itu disampaikan Khofifah usai berziarah ke makam Dr Soetomo.

Tiga cita-cita tersebut yaitu mewujudkan cita- cita kemanusiaan, membangun bangsa dan negara dalam sebuah kesatuan dan kebersatuan, serta membangun marwah, harkat, dan martabat bangsa. Baca juga: Gubernur Khofifah Sampaikan Duka Cita untuk Korban Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Tol Sumo



“Hal ini sampai sekarang masih sangat relevan untuk dipedomani oleh semua elemen bangsa,” ujar Khofifah usai berziarah ke makam Dr Soetomo, di area Gedung Nasional Indonesia (GNI) Surabaya, Jumat (20/5/2022).

Bahkan dalam proses mewujudkan cita-cita tersebut, lanjut Khofifah, Budi Utomo juga memiliki tiga dasar yang menjadi fokus utama dalam perjuangannya. Ketiga dasar itu adalah pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

Dengan berpedoman pada tiga dasar tersebut, diharapkan semangat untuk membangun Jatim yang semakin maju akan berseiring dengan slogan Harkitnas tahun 2022 yaitu ‘Optimis Jatim Bangkit’.



“Upaya untuk membangun semangat bersatu dan persatuan kesatuan bagi NKRI adalah bagian penting yang sesuai dengan yang dicita-cita kan Dr. Soetomo melalui pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan,” ujar Khofifah.

Khofifah juga berpesan bahwa, sudah sepatutnya semangat generasi muda Jatim harus lebih membara dibandingkan wilayah-wilayah lainnya di Indonesia. Karena wilayah di Jatim khususnya Surabaya memiliki sejarah tinggi dalam perjuangan kebangkitan bangsa. Baca juga: Gubernur Khofifah Sambut Baik Arahan Lepas Masker dari Presiden Jokowi

“Oleh karena itu dalam semangat Hari Kebangkitan Nasional ke-114 ini, kembali saya ingin mengajak, 'ayo bangkit bersama'. Maka inspirasi yang harus lebih dulu membangun bangkit bersama adalah arek-arek Suroboyo dan arek-arek Jatim," pungkasnya.
(don)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2285 seconds (11.97#12.26)