Kiprah Anak-anak Muda Jember Benahi Fasilitas Umum di 18 Desa

Sabtu, 21 Mei 2022 - 00:33 WIB
loading...
Kiprah Anak-anak Muda Jember Benahi Fasilitas Umum di 18 Desa
Anak-anak muda inspiratif di Jember yang tergabung dalam karang taruna (kartar) menggelar kegiatan serentak memperbaiki fasilitas umum dan sosial.Foto/ist
A A A
JEMBER - Anak-anak muda inspiratif di Jember yang tergabung dalam karang taruna (kartar) menggelar kegiatan serentak memperbaiki fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos). Kegiatan ini adalah bagian dari event Ramadhan Heppiii yang berlangsung sejak pertengahan bulan puasa hingga usai Idul Fitri sekarang ini.

Menurut Koordinator Heppiii Community Jember Bagus Arif Rahman Waber, ada 18 kartar di wilayah Jember yang mengikuti kegiatan sosial tersebut. Dia menyebutkan, kegiatan sosial ini kembali dimanfaatkan masyarakat untuk memperbaiki fasilitas umum dan juga pengadaan barang.

Baca juga: Bangkitkan Ekonomi Warga, 16 Karang Taruna di Situbondo Gelar Pasar Rakyat

"Fasilitas tersebut meliputi gapura dan juga lampu penerangan jalan umum (PJU), tenda atau terop untuk hajatan, kemudian ada juga karta yang renovasi pos kamling, termasuk juga tugu batas desa, ada juga yang renovasi gazebo," katanya, Jumat (20/5/20220).

Sejumlah kartar dan paguyuban yang menggelar kegiatan secara serentak ini adalah Karya Muda Pontang, Komunitas Arek Kencong, Laskar Segoro Kidul, Sakera Cangkring, Sembara, Karat Besi, The Ello Godog, Arek Tamansari (ARTAM), Ikatan Muda Mudi Bersatu, serta karta lainnya.

Anggota kartar sebelumnya juga mendata kebutuhan warga yang sangat penting, selain perbaikan fasilitas umum tersebut, ada juga karta yang membeli sound system yang akan digunakan untuk keperluan warga, seperti untuk hajatan.

Selain acara tersebut, anak-anak muda ini juga menggelar silaturahmi seperti buka puasa bersama serta halal bihalal antar anggota. Moment lebaran juga digunakan anggota untuk diskusi atau rapat untuk acara selanjutnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Ramadhan Heppiii yang digelar serentak di 14 kabupaten kota di Jawa Timur. Program ini mengambil momen puasa dan lebaran untuk menggelar kegiatan sosial dengan tema 'Bersama Melakukan Kebaikan'.

Dalam program ini selain fokus ke perbaikan fasilitas umum dan tempat ibadah, juga ada pemberian paket sembako kepada warga desa yang membutuhkan.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2874 seconds (0.1#10.140)