Bangkitkan Ekonomi Warga, 16 Karang Taruna di Situbondo Gelar Pasar Rakyat

Sabtu, 14 Mei 2022 - 02:39 WIB
loading...
Bangkitkan Ekonomi Warga, 16 Karang Taruna di Situbondo Gelar Pasar Rakyat
Karang taruna di Situbondo mengadakan pasar rakyat untuk membangkitkan ekonomi warga di tengah pandemi.Foto/ist
A A A
SITUBONDO - Sebanyak 16 karang taruna (kartar) di Situbondo yang tergabung dalam Heppiii Community menggelar Ramadhan Heppiii yang berlangsung sejak akhir bulan puasa hingga usai lebaran. Berbagai kegiatan dilakukan, salah satunya festival di desa.

"Kegiatan yang sangat unik dilaksanakan di Kampung Heppiii Dawuhan, Situbondo, Jawa Timur. Konsepnya Anggota karta setempat mengadakan kegiatan untuk menghidupkan ekonomi lokal di desanya yaitu Desa Dawuhan," kata Koordinator Kampung Heppiii Dawuhan Muhammad Jahrowi, Jumat (13/5/2022).

Baca juga: 8 Karang Taruna di Ponorogo Tuntaskan Renovasi 15 Masjid Selama Ramadhan

Kata dia pihak karta mengadakan semacam festival desa yang dinamai Pasar Ramadhan yang dimulai sejak 23 April 2022. Di sana ada 20 stand yang diberikan secara gratis untuk warga yang ingin berjualan. Kemudian, ada juga warga yang memberikan jasa cukur rambut secara gratis ke masyarakat.

Kemudian, untuk meramaikan festival di desa tersebut ada cara unik yang dilakukan oleh panitia di sana. Sebelum hari H pelaksanaan, panitia membagikan undangan sekaligus memberikan Takjil ke setiap rumah-rumah disekitar Kampung Heppiii Dawuhan dengan harapan tepat sasaran dan masyarakat menikmati adanya program Ramadhan Heppiii ini.

Selain itu, untuk menarik minat masyarakat hadir di acara Pasar Ramadhan, panitia menyediakan panggung hiburan (music Religi) dari IPNU-IPPNU (Ikatan Putra Putri Nahdathul Ulama). Selama festival berlangsung, warga mengisi stand tersebut dengan berbagai macam kuliner, serta kerajinan desa setempat. Kemeriahan dan kerukunan terlihat dalam acara tersebut. Dalam acara ini juga ada pemberian sebanyak 65 paket sembako kepada yang membutuhkan.



Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Ramadhan Heppiii yang digelar serentak di 14 kabupaten kota di Jawa Timur. Program milik Heppiii Community ini mengambil momen puasa dan lebaran untuk menggelar kegiatan sosial dengan tema 'Bersama Melakukan Kebaikan'. Dalam program ini selain fokus ke perbaikan fasilitas umum dan tempat ibadah, juga ada pemberian paket sembako kepada warga desa yang membutuhkan.

Untuk kegiatan di Situbondo ada 16 Karta yang beraprtisipasi, yakni Bakti Pemuda Alas Malang, Petani Heppiii Kendit, Kampung Heppiii Dawuhan, Remas Al-Munawaroh Gayam Lor, Pejuang Heppiii Desa Cermee, Pejuang Heppiii Desa Patemon, Pejuang Heppiii Desa Gayam.

Kemudian juga ada Remas Al Muchlisin Desa Bantal, Remas RSC Sumberanyar, Takmir Darussalam Tanjung Geger, Takmir Darussalam Walidono, Kelompok Pengajian Desa Kembang suko, Remas Nurul Huda Desa Gumok Gelung, Takmir Nuruttaubah Desa Gebangan, Kelompok Pengajian Desa Lugundang, dan Kelompok Penganjian Desa Sundang Botolinggo, Situbondo.

"Selain pasar Ramadhan, ada juga kegiatan lain seperti memberikan bantuan penunjang masjid, seperti speaker mushala, tenda, kursi. Kemudian, ada sedekah dan pembangunan lampu jalan di Desa Sundang Botolinggo sepanjang 200 meteran," ungkapnya
(msd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2840 seconds (11.252#12.26)