Kampung Dordar Mukapayung Gelar Donor Darah Peduli COVID-19, 125 Labu Terkumpul

Senin, 22 Juni 2020 - 14:06 WIB
loading...
Kampung Dordar Mukapayung Gelar Donor Darah Peduli COVID-19, 125 Labu Terkumpul
Warga mendonorkan darahnya pada kegiatan donor darah peduli COVID-19 yang digelar Kampung Donor Darah Mukapayung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Kampung Donor Darah (Dordar) Mukapayung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB), menggelar aksi donor darah peduli COVID-19.

Kegiatan sosial berbagi ke sesama ini juga sekaligus untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang setiap tahun diperingati setiap 14 Juni. (BACA JUGA: Sambut HUT Bhayangkara dan Peduli COVID-19, Polda Jabar Gelar Donor Darah )

Inisiator Kampung Donor Mukapayung Doding Komarudin mengatakan, selama pandemi COVID-19 masyarakat yang mendonorkan darahnya mengalami penurunan. (BACA JUGA: Pasien COVID-19 Sembuh Meningkat, Pemprov Jabar: Terima Kasih Para Nakes )

Ini dikarenakan ada kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan karantina wilayah yang membuat ruang gerak masyarakat jadi terbatas. Termasuk agenda yang bisa menimbulkan kerumunan massa juga dilarang.

"Aksi donor darah ini sebagai bentuk kepedulian di tengah pandemi COVID-19. Hasilnya nanti akan disumbangkan ke yang membutuhkan seperti ke PMI atau rumah sakit," kata Doding kepada SINDOnews, Senin (22/6/2020).

Doding mengaku antusiasme warga untuk mendonorkan darah cukup tinggi. Terbukti hanya dalam beberapa jam, berhasil terkumpul 125 labu darah dari total 135 pendonor yang mendaftar. (BACA JUGA: Pangdam Pimpin Prajurit dan ASN Kodam III/Siliwangi Donorkan Darah )

Semua labu darah itu langsung diserahkan ke PMI sebagai wujud komitmen dari Kampung Donor Darah Mukapayung yang terus kontinyu berbagi menyumbangkan setetes darah bagi kehidupan.

Pada kegiatan yang didukung oleh Forum KBB Sehat turut diberikan bingkisan sebanyak 150 paket sembako untuk pendonor. Sementara dari Sinergi Foundation menyediakan pelayanan pemeriksaan gula darah, asam urat, dan kolesterol serta memberikan paket nasi dus kepada pendonor dan warga di Kampung Donor Darah Mukapayung.

"Semoga kampung donor ini bisa terus berkembang dan menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya di KBB. Mendonorkan darah selain membuat tubuh sehat juga bisa menyelamatkan nyawa orang lain, makanya saya berterima kasih kepada mereka yang sudah berpartisipasi dalam donor darah Peduli COVID-19 ini," ujar dia.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) KBB Djunaedi mengatakan, kebutuhan darah untuk disumbangkan ke sejumlah rumah sakit di KBB cukup banyak.

Oleh sebab itu pihaknya terus pro aktif menggelar donor darah di tempat-tempat tertentu seperti kantor pemerintah, swasta, dan area publik. Serta bekerja sama dengan berbagai komunitas atau lembaga untuk menggelar aksi donor darah.

"Biasanya kami suplai labu darah ke RSUD Cililin, Cikalongwetan, RSUD Lembang, dan kebutuhannya memang banyak," tutur Djunaedi seusai kegiatan yang juga dihadiri oleh Kepala Desa Mukapayung Firman Supianto Hadi anggota DPRD KBB ini.
(awd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1658 seconds (10.101#12.26)