Peringatan Harkitnas, Bupati Lutra Ajak Bangkit dari Pandemi-Pulihkan Ekonomi

Jum'at, 20 Mei 2022 - 20:44 WIB
loading...
Peringatan Harkitnas, Bupati Lutra Ajak Bangkit dari Pandemi-Pulihkan Ekonomi
Bupati Lutra Indah Putri Indriani saat memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 di Lapangan Upacara Kantor Bupati, Jumat (20/05/22). Foto/Dok Pemkab Luwu Utara
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Pemkab Lutra) menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 di Lapangan Upacara Kantor Bupati, Jumat (20/05/22). Tema yang diangkat pada tahun ini adalah 'Ayo Bangkit Bersama'.

Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, saat memimpin upacara tersebut, mengatakan tema itu merupakan bentuk seruan agar semua pihak dpat bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Termasuk bisa mulai melakukan pemulihan dari berbagai aspek, seperti ekonomi.



"Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari kebangkitan Nasional," ungkap dia.

Bupati Indah menyebut pada sisi penanganan Covid-19 di tingkat nasional, dapat dilihat bahwa upaya yang dilakukan kian menunjukkan hasil yang positif.

"Ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada di bawah angka 5.000 kasus (data per 13 Mei 2022)," ungkap dia.

Selain itu, Bupati Indah menyebut capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen. "Namun demikian, kita patut tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan," ungkap dia.

Selain itu, kata Bupati Indah, penanganan Covid-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, lanjut dia, kini mendorong pemulihan perekonomian nasional.

"Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (y-on-y). Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali administrasi pemerintahan dan jasa pendidikan," tuturnya.

Orang nomor satu di Lutra ini juga menjelaskan momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022.



"Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema 'Recover Together, Recover Stronger', dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan," tuturnya.

"Di tengah momentum penanganan nasional Covid-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!," pungkasnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2412 seconds (0.1#10.140)