Rombongan Paus Orca Ini Terekam Kamera Muncul di Biak Papua

Senin, 22 Juni 2020 - 09:51 WIB
loading...
Rombongan Paus Orca Ini Terekam Kamera Muncul di Biak Papua
Pemilik akun Twitter @susenos, mengunggah sebuah video langka munculnya rombongan paus Orca di wilayah Biak Papua. FOTO : Twitter @susenos
A A A
BIAK - Seorang netizen, pemilik akun Twitter @susenos, mengunggah sebuah video langka munculnya rombongan paus Orca di wilayah Biak Papua .

Video berdurasi 36 detik itu, diambil saat netizen itu bersama beberapa pemuda sedang melakukan diving di daerah perairan Samber, Biak Papua, pada 20 Juni 2020.

Dirinya heran sebab Paus Orca biasanya muncul di daerah dingin, sementara di Biak beriklim tropis. Unggahan itu pun, di cc kepada akun twitter mantan Menteri Kelautan dan PerikananSusi Pudjiastuti.

"Selamat pagi ibu @susipudjiastuti saya mau tanya apa orca bisa datang ke perairan tropis indonesia? ini saya rekam kemarin siang bu di perairan kampung samber, Kabupaten biak," cuit @susenos, Minggu 21 Juni 2020.

Mendapat pertanyaan itu mantan Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti menjawab bahwa bukan hal baru Paus Orca berenang di daerah tropis.

"Bisa kalau enviromentnya memungkinkan. Banyak makanan.. semoga kapal2 raksasa asing tidak akan pernah diijinkan kembali oleh Pak Presiden .. supaya Indonesia Lautnya tetap sehat dan kaya," cuit @susipudjiastuti.

Mendapat unggahan unik itu sejumlah netizen ikut memberikan tanggapan mereka.

@DeniIkhwan4: "Barusan tahu kalo orca mampir di perairan indonesia (tropis)."

@nanoka_vondhy: "Saya ini snorkel 2-3 meter lihat penyu udah merinding, takut ada hewan buas disekitarnya, lah ini malah deket2 paus orca. mungkin saya akan pingsan waktu nyelam."

@elkrova: "Daerah saya. khusus nya perairan laut sawu. Antara Pulau Timor dan Flores, khususnya Pulau Lembata dan Solor. tempat orca dan while killer lewat."

@Iqbalnyamala: "Bisa, bahasa orang Rote Seguni. Saya usul kita tidak lagi menyebutnta paus pembunuh (nanti ditangkap polisi karena fitnah) atau Orca. Pakai bahasa yang ada di suku bangsa indonesia saja. Begitu juga sperm whale, sebut saja koteklema sepertibahasa orang rote."

Alam Bahari Papua memang indah dan mempesona, laut yang bersih di wilayah Papua, khusunya wilayah Biak. Menjadi salah satu faktor kemunculan sejumlah hewan mamalia yang teracam punah populasinya. Selain itu, wilayah Biak yang berhubungan langsung dengan Samudera Pasifik, merupakan hal umum, bergeraknya hewan mamalia di wilayah itu.(Baca juga : Lulusan Terbaik SMA di Amerika, Remaja dari Biak Ini Motivasi Anak Papua )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)